BERITABETA.COM, Bula — Puluhan Kepala Keluarga [KK] di Negeri Hote, Kecamatan Bula Barat, Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT] yang menjadi korban banjir rob dan gelombang pasang pekan lalu, hingga kini masih bertahan di tenda pengungsian.

Penjabat Negeri Hote, A. Yani Paitaha saat dikonfirmasi beritabeta.com di Bula, Sabtu (26/02/2022) mengungkapkan, sebanyak 71 KK yang awalnya mengungsi akibat banjir rob dan gelombang tinggi sejak 22 Februari lalu masih mengungsi untuk mengantisipasi cuaca buruk yang masih berlangsung.

"Kepala Keluarga yang masih mengungsi jumlahnya masih tetap 71. Kalau siang begini masyarakat balik ke kampung untuk bersih-bersih dan memperbaiki bangunan yang rusak, tapi malam warga masih kembali ke pengungsian," ungkap A. Yani Paitaha.

Yani membeberkan, Pemerintah Negeri Hote sedang berkoordinasi dengan pihak TNI-Polri untuk terlibat bersama masyarakat pada kegiatan bakti sosial yang direncanakan pada minggu besok.

Targetnya kata dia, agar masyarakat bisa segera kembali ke rumah masing-masing sambil melakukan perbaikan terhadap rumah-rumah yang rusak akibat banjir rob dan gelombang tinggi yang disebabkan cuaca ekstrim.

"Rencana hari minggu kami kerja bakti, ini swadaya dari masyarakat. Namun kami juga minta partisipasi pihak TNI-Polri untuk membantu masyarakat," bebernya.

Aparatur Sipil Negara [ASN] pada Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi [Nakertrans] itu mengaku, pasca bencana alam yang melanda masyarakat Negeri Hote, bantuan logistik mulai berdatangan dari berbagai pihak sejak hari pertama hingga Jumat kemarin.

Selain bantuan Sembilan Bahan Pokok [Sembako] dari Badan Amil Zakat Nasional [Baznas] SBT, Badan Penanggulangan Bencana Daerah [BPBD] SBT dan Dinas Sosial SBT. Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga [TP-PKK] SBT, BWS Maluku, Ibu-Ibu Pengajian dan Bhayangkari SBT juga ikut membagi bantuan Sembako kepada warga terdampak.

"Alhamdulillah dengan kondisi seperti ini, rasa peduli dan kebersamaan dari berbagai pihak telah ikut membantu warga yang terdampak," pungkasnya (*)

Pewarta : Azis Zubaedi