BERITABETA.COM, Saumlaki - Masyarakat di Kabupaten Kepulauan Tanimbar [KKT] diisukan dengan adanya perintah seorang camat kepada kepala desa [Kades] untuk membentuk tim sukses memenangkan Bupati Petrus Fatlolon di periode kedua.

Camat dimaksud  adalah Camat Weartamrian Leo Samangun. Ia dituding memerintahkan Kades Arui Bab, Ivo Sanamase  untuk membentuk Tim Sukses [Timses] Pilkada mendatang.

Tudingan ini membuat  Leo Samangun naik pitam. Ia mengaku tidak pernah memerintahkan Kades Arui Bab, Ivo Sanamase untuk melakukan hal itu.

Kepada media ini Leborius Samangun mengaku selalu  Camat Weartamrian tidak pernah memerintahkan atau mengarahkan kepala desa Arui Bab untuk membentuk tim pemenang di Pilkada mendatang.

"Saya tidak pernah memerintahkan atau mengarahkan kades Arui Bab untuk membentuk tim pemenang tersebut," katanya kepada wartawan di Saumlaki, Sabtu (26/2/2022).

Ia bahkan mengaku,  penggunaan logo dan kop surat yang telah dipakai oleh kepala desa itu adalah inisiatif dari pribadi kades bukan arahan dari camat.

Hal senada disampaikan Kades Arui Bab Ivo Sanamase. Melalui sambungan telepon selulertnya Ivo mengaku tidak pernah menerima perintah dari camat untuk melakukan hal itu.

"Tak ada perintah soal itu. Bukan saja dari camat, Pak Bupati pun tidak pernah," jelasnya.

Ivo mengaku pengunaan logo pemerintah daerah pada kop surat yang diseberkan, itu   atas inisiatif sendiri. 

"Saya minta maaf karena ulah saya nama Pak Camat ikut terbawa-bawa. Saya juga mengaku telah membuat kegaduhan ini," akuinya.

Menyikapi hal ini, Bupati KKT Petrus Fatlolon yang dimintai penjelasan mengaku, pihaknya juga tidak pernah melakukan hal demikian. Soal tim sukses jelang pilkada pihaknya sendiri telah membentuk tim pada tahun 2021 silam. 

"Sudah lama tim kami bentuk, dan tidak melibatkan pihak pemerintah baik pemerintah desa maupun kepala kecamatan. Karena kami berkeinginan camat dan kades harus netral," jelas Fatlolon via pesan singkat di Whats-App (*)

Pewarta : Sumitro