BERITABETA.COM, Ambon – Kepolisian Sektor [Polsek] Pulau Haruku Kabupaten Maluku Tengah Provinsi Maluku di bawah komando Kapolsek Iptu Julkisno Kaisupy, mengimbau masyarakat agar terus menjaga dan memelihara situasi keamanan dan ketertiban masyarakat atau kamtibmas.

Hal ini disampaikannya saat melaksanakan Sholat Jum’at berjamaah bersama personilnya di Masjid Ja'mi Negeri Kailolo, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, yang saat itu diimami oleh Ustad Abdullah Marasabessy.

Seruan ini bertujuan untuk merajut atau menguatkan hubungan persaudaraan dan kerukunan serta kedamaian antar sesama orang basudara di Pulau Haruku. Karena sebelumnya, ada peristiwa bentrokan yang melibatkan warga Pelauw – Ori vs Kariu.

Kemudian adapula aksi penembakan gelap oleh Orang Tidak Dikenal [OTK] terhadap warga sipil di hutan Negeri Hulaliu, hingga sempat memicu ketegangan antara warga Negeri Hulaliu dan Aboru. Dia berharap masyarakat tidak terprovokasi.

Terkait dengan hal tersebut, pada momentum Sholat Jumat berjamaah di Masjid Jam’i Negeri Kailolo kemarin, Iptu Julkisno memanfaatkannya selain untuk bersilataurahmi dan memperkenalkan diri selaku Kapolsek Pulau Haruku yang baru, dia cenderung menebarkan pesan-pesan kamtibmas keapda warga setempat. 

Tujuannya demi mengingatkan dan menyadarkan kembali masyarakat mengenai pentingnya menjaga dan merawat kerukunan serta perdamaian antara sesama orang basudara.

Ia mengajak masyarakat Negeri Kailolo agar terus mempererat hubungan silaturahmi, persaudaraan Pela dan Gandong serta menjaga dan merawat kamtibmas di wilayah Kecamatan Pulau Haruku.

“Menjaga dan merawat kamtibmas ini sangat penting, agar masyarakat Kailolo khususnya dan Pulau Haruku pada umumnya, tetap hidup dalam kondisi aman dan damai,” ungkapnya.

Julkisno berujar, semenjak menjabat selaku Kapolsek Pulau Haruku pada 11 Pebruari 2022, dia mengangkat hati serta menganggap seluruh warga [masyarakat] di Pulau Haruku termasuk warga Negeri Kailolo adalah keluarganya sendiri.

Olehnya itu eks Kapolsek Leihitu ini, tidak ingin ada warga di Pulau Haruku dan khususnya warga Negeri Kailolo menjadi susah hingga harus berurusan atau terkena masalah hukum pidana.

Kapolsek Pulau Haruku Iptu Julkisno Kaisupy pose bersama Imam Ustad Abdullah Marrasabessy, dan jamaah di di Masjid Jam'i Negeri Kailolo.
Kapolsek Pulau Haruku Iptu Julkisno Kaisupy pose bersama Imam Ustad Abdullah Marrasabessy, dan jamaah di Masjid Jam'i Negeri Kailolo.

“Untuk menghindari masalah tersebut, saya mengimbau dan mengajak basudara Negeri Kailolo untuk tetap fokus mencari nafkah demi memenuhi kebutuhan keluarga setiap hari,” imbaunya.

Utamanya, lanjut dia, masyarakat menghindari tindakan-tindakan pidana yang dapat menyusahkan diri sendiri, serta mengganggu kamtibmas khususnya di wilayah Kecamatan Pulau Haruku.

“Basudara semuanya hindari minuman keras. Karena miras merupakan penyebab terjadinya tindak pidana, gangguan kamtibmas serta kecelakaan lalu lintas,” pungkasnya.  

Usai Sholat Jum’at berjamaah, Kapolsek Pulau Haruku lalu pose bersama Imam Ustad Abdullah Marasabessy, dan beberapa orang jamaah di Masjid Jami’i Negeri Kailolo.

Diketahui pada pekan lalu, agenda yang sama yakni seruan mengajak masyarakat untuk menjaga dan memelihara kamtibmas juga telah dilaksanakan oleh Kapolsek Pulau Haruku Iptu Julkisno Kaisupy dan personilnya di Gereja Betlehem Negeri Hulaliu, Pulau Haruku, Maluku Tengah. (BB)

 

Editor : Redaksi