BERITABETA.COM, Bula — Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) intens melakukan koordinasi ke Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Provinsi Maluku soal kerusakan jembatan darurat Wai Salagur Kota, Kecamatan Siritaun Wida Timur.

Kepala Bidang Bina Marga, Dinas PUPR SBT, Novi Rumata saat dihubi beritabeta.com di Bula, Minggu (9/6/2024) mengungkapkan, untuk penanganan tidak menjadi urusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab), sebab jembatan tersebut berada pada ruas jalan nasional.

Kendati demikian, pada Kamis 6 Juni 2024, pihaknya turun ke lokasi dan sempat bertemu dan berkomunikasi dengan Kepala Dusun (Kadus) Salagur Kota, sehingga dia melaporkan kepada Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 2.6 Provinsi Maluku Elsina Malindir selaku penanggungjawab pada ruas jalan tersebut untuk segera ditangani.

"Untuk penanganan langsung memang seng (tidak) ada, karena ini ruas jalan nasional. Tapi kejadian hari kamis kemarin itu kami langsung turun ke lokasi lalu ada komunikasi dengan Kadus Salagur Kota juga. Setelah itu langsung saya laporkan ke PPK 2.6 untuk permohonan segera ditangani karena mendesak akses terputus," ungkap Novi Rumata.

Dia berujar, pada hari yang sama, dia sudah menanyakan langsung kepada PPK 2.6 terkait ketersediaan bronjong agar dipasang pada sungai tersebut, namun BPJN Maluku sudah menyiapkan.

Mantan Kepala Seksi Jalan ini membeberkan, pada Sabtu kemarin mereka juga berada di lokasi melihat mobilisasi alat berat dan bronjong yang difasilitasi BPJN Maluku itu.

"Waktu hari kamis itu beta (saya) sudah tanya Ibu Sin PPK 2.6 untuk bronjongnya juga, tapi dari balai bilang sudah ada juga, jadi semuanya dari balai. Kemarin juga katong (kami) kebetulan di lokasi liat mobilisasi alat berat dan kawat bronjong," bebernya.

Sementara itu, PPK 2.6 Provinsi Maluku Elsina Malindir saat dikonfirmasi secara terpisah mengungkapkan, saat ini BPJN Maluku mulai melakukan penanganan terhadap kerusakan jembatan darurat Wai Salagur Kota.

Elsina menambahkan, sementara ini sedang dilakukan penanganan untuk pembuatan bronjong yang berfungsi sebagai landasan rangka bailey.

"Sementara penanganan untuk pembuatan bronjong. Pemasangan bronjong itu untuk landasan rangka bailey," ungkap Elsina Malindir.

Ditanya soal tindaklanjut pemasangan rangka bailey, dia mengaku, kegiatan tersebut akan dilakukan setelah tahap pemasangan bronjong.

"Setelah pemasangan bronjong, karena itu untuk landasan atau perletakan mau taruh bailey. Mudah-mudahan cuaca baik biar pekerjaan bronjong cepat selesai dan lanjut dengan pemasangan bailey," akuinya. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi