BERITABETA.COM, Ambon – Ratusan pelajar  Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) As-Salam Ambon,  Sabtu (20/4/2019)  dilibatkan dalam  karnaval (tarhib) menyambut datangnya bulan suci Ramadhan di Kota Ambon.

Kegiatan tahunan yang menjadi agenda rutin ini, kembali digelar dengan mengelilingi sejumlah ruas jalan utama di Kota Ambon. Tarhib dimulai dari pelataran Masjid Alfatah, kemudian meyusuri jalan AM. Sangadji  sampai di  Tugu Trikora dan berlanjut ke Jalan Dr. Tamaela dan berbelok ke Jalan Latumeten hingga kembali ke Masjid Alfatah –Ambon.

Pantauan beritabeta.com di lokasi Tarhib Ramadhan, terlihat ratusan pelajar MIT-As-Salam dari kelas satu sampai lima ini, riang gembira dalam proses Tarhib yang dijalani. Sambil melantunkan Salawat, para pelajar melambaikan  umbul-umbul di sepanjang jalan, sebagai simbol suka cita menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Ratusan pelajar MIT As-Salam Ambon terlibat dalam Tarhib (karnaval) menyambut bulan suci Ramadhan dengan mengelilingi sejumlah ruas jalan utama di Kota Ambon, Sabtu (20/4/2019) (FOTO: BERITABETA.COM)

“Saya senang bisa ikut dalam Tarhib  ini, karena kegiatan Tarhib bersama teman-teman hanya bisa dilakukan sekali dalam setahun dan juga tak lama lagi kita sudah memasuki bulan Ramadhan,” kata Filzah Pattisahusiwa siswa  kelas 3C MIT As-Salam Ambon.

Kepala MIT As-Salam Ambon, Nurhayati Musa kepada beritabeta.com mengatakan, kegiatan Tarhib Ramadhan yang digelar ini merupakan bentuk syiar Islam dalam  menyambut bulan Ramadhan.

“Jadi yang kami lakukan adalah bentuk syiar dengan menyampaikan kepada masyarakat, baik siswa orang tua dan semua pihak, seperti yang dipesankan Rasulullah kepada kita, bahwa barang siapa yang menyambut Ramadhan dengan gembira maka baginya pahala yang tidak tergantikan,”ungkap Nurhayati.

Selain syiar, kata Nurhayati, gelaran Tarhib Ramadhan,  ini juga  bertujuan untuk mengetuk pintu hati setiap kaum muslimin, khususnya di Kota Ambon untuk segera mempersiapkan diri dalam rangka menyambut bulan suci Ramdhan. Kegiatan Tarhib Ramadhan yang digelar MIT As-Salam Ambon juga melibatkan puluhan  siswa-siswi Raudatul Athfal (RA) As-Salam. Total peserta pelajar yang terlibat dalam kegiatan ini mencapai 300-an anak.

Nurhayati Musa juga menambahkan, suksesnya kegiatan Tarhib Ramadhan yang digelar merupakan kegiatan yang diusung bersama Komite Sekolah MIT As-Salam Ambon dan Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Maluku. (BB-DIO)