BERITABETA.COM, Ambon – Dua pelajar Madrasah Ibtidaiah Terpadu (MIT) As Salam Ambon berhasil menjuarai lomba Olimpiade Matematika dan IPA (MIPA) tingkat SD se- Maluku.

Kedua pelajar adalah Shofiyah La Amiri yang meraih medali emas dan Mirza Fachri Alviansyah Ambar yang berhasil menyabet medali perunggu di ajang bergengsi yang digelar di Fakultas MIPA,  Universitas Pattimura (Unpati) 22 Maret 2019.

Kepala MIT As Salam Ambon, Nurhayati Musa, S.Pd dalam rilisnya yang diterima redaksi beritabeta.com di Ambon, Rabu (27/3/2019) mengatakan, prestasi yang ditorehkan siswa-siswi As Salam Ambon adalah yang kesekian kalinya. “Ini untuk kesekian kalinya siswa-siswi As Salam Ambon meraih prestasi membanggakan ini,” tulis Nurhayati.

Menurutnya,  dalam ajang bergengsi ini, sekolah yang dipimpinnya mengirim sebanyak 14 siswa –siswi. Sebanyak delapan anak mengikuti mata lomba matematika dan enam orang mengikuti mata lomba IPA.

Dikatakan,  olimpiade Sains dan Matematika adalah wahana untuk menumbuhkan karakter siswa yang jujur, disiplin dan sportif. Untuk itu, kata dia,  MIT As Salam merasa perlu dan penting untuk mengikutkan para siswa dan siswi. “ Ini juga bagian dari cara  untuk meningkatkan jiwa sains anak-anak didik kita,” tandasnya.

Selain itu, kata Kepala MIT As Salam, kegiatan ini juga menjadi  sebuah budaya di MIT As Salam.  “Setiap anak yang baru masuk sekolah dan memiliki potensi, maka anak tersebut sudah mulai dilatih dan dievaluasi untuk dipersiapkan mengikuti berbagai lomba terutama lomba Olimpiade MIPA. Maka diintensifkan latihannya 1 bulan ketika menjelang lomba berlangsung,” ungkapnya.

M Fathur Zamzami, dan M Zulmi Ramadhani, dua pelajar MIT As Salam Ambon yang berhasil menjuarai Kompetisi Sains Madarasah (KSM) tingkat Provinsi Maluku, tahun 2016 (FOTO : HUMAS MIT AS SALAM AMBON)

Di tahun 2016 silam MIT As Salam Ambon juga berhasil mengirim dua pelajar terbaiknya di ajang Kompetisi Sains Madarasah (KSM) tingkat Provinsi Maluku. Kedua siswa adalah M Fathur Zamzami, dan M Zulmi Ramadhani.

Keduanya  tergabung dengan 9 siswa dari Maluku dalam kontingan KSM Maluku 2016. Keberhasilan M Fathur Zamzami, dan M Zulmi Ramadhani trut mencatat nama mereka sebagai wakil dari Provinsi Maluku  mengikuti KSM tingkat nasional tahun 2016. M Fathur Zamzami, dan M Zulmi Ramadhani tampil baik dengan meraih nilai tertinggi dari seluruh peserta KSM itu (BB-DIO)