BERITABETA, Ambon – Sebanyak 20 siswa dan siswi Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) As Salam,  Ambon dikirim ke bumi perkemahan Cibubur untuk mengikuti kegiatan Kemah Ukhuwah Nasional (Kemnas) IV, Sako Pramuka Sekolah Islam Terpadu (SIT) tahun 2018.

Kemnas IV diselenggarakan untuk mewujudkan generasi muda Indonesia yang taqwa, tangguh, tangkas dan teguh, serta untuk menumbuhkan rasa kebangsaan yang berbhinneka tunggal ika.

Kepala MIT As Salam – Ambon Nurhayati Musa,S.Pd melalui rilisnya yang dikirim kepada beritabeta.com, Senin (19/11/2018) mengatakan, pada momentum Kemnas IV yang berlangsung pada 16 – 19 November 2019 ini, pihaknya merasa penting  dalam  mengikutsertakan 20 orang siswa siswi. Mereka terbagi dalam dua regu masing – masing 10 orang putra dan 10 orang putri serta 6 orang guru pendamping.

Dikatakan,  kegiatan Kemnas bertempat di bumi perkemahan Cibubur,  dengan mengusung tema “Kokohkan Jati diri Pramuka Sekolah Islam Terpadu (SIT) untuk Siap Memimpin Indonesia”.

Peserta Kamnas IV SIT sebelum diberangkatkan ke lokasi perkemahan Cibubur.

Kemnas merupakan  kegiatan rekreasi edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan besar Pramuka Penggalang. Perkemahan ini merupakan sarana pembinaan Pramuka Penggalang yang menitikberatkan pada pengembangan diri peserta yang terdiri atas bidang mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.

“Kita sangat mensuport apa yang telah dilalui para siswa siswi kita. Dengan tujuan untuk meningkatkan karakter kemandirian, ketangguhan dan keterampilan, jiwa kepemimpinan, terutama dalam bingkai nilai-nilai Islam, maka kegiatan ini tentunya sangat bernilai,”tulis Nurhayati.

Dengan terlaksananya Kemnas  IV Sako Pramuka Sekolah Islam Terpadu (SIT) tahun 2018, kata Nurhayati, pihaknya berharap siswa siswi  MIT As Salam Ambon yang baru saja mengikuti kegiatan tersebut, dapat memiliki kesadaran belajar mandiri, semangat menuntut ilmu,meningkatkan daya saing yang tinggi ,serta menumbuhkan jiwa nasionalisme dan religius.

“Harapan kami pula kepada para guru pendamping agar dengan mengikuti kegiatan Kemnas, mampu mengambil bagian dalam meningkatkan komitmen dalam menjalankan tugas sebagai guru. Guru pendamping bisa berpola pikir yang dinamis serta meningkatnya rasa tanggung jawab,  demi terciptanya pola asuh dalam pembelajaran berkualitas yang berkarakter di MIT As Salam Ambon,” ungkapnya.

Atas kesuksesan ini, atas nama MIT As Salam Ambon mengucapkan selamat kepada siswa siswi serta para guru pendamping  dan panitia penyelenggara atas terselenggaranya kegiatan Kemnas 2018.

“Semoga kita masih diberikan kesempatan untuk mengikuti Kemnas tahun 2019 mendatang,” tandas Nurhayati (BB-DIO)