BERITABETA.COM, Ambon - Rektor Universitas Pattimura (Unpatti), Marthinus Johanes Sapteno, melantik Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Alumni Unpatti (DPP Ikapatti) periode 2021-2025. Pelantikan berlangsung di Auditorium Kampus Unpatti-Poka Ambon, Selasa (27/04/2021), berdasarkan SK Rektor nomor  610/UN3/ SK  tahun 2021.

Usai pelantikan, dilanjutkan dengan pembacaan ikrar Alumni Unpatti, juga penyerahan Pataka oleh Dewan Pembina Ikapatti, Zeth Sahuburua kepada Muhamat Marasabessy selaku ketua DPP Ikapatti.

Gubernur Maluku Murad Ismail atas nama Pemerintah Provinsi Maluku dan Ketua Dewan Kehormatan, dalam sambutannya mengapresiasi pelantikan DPP Ikapatti.

“Semoga ini menjadi momentum sekaligus langkah baru bagi Unpatti, untuk terus maju dan lebih baik serta unggul bersama Ikapatti yang dilantik hari ini," harap Gubernur.

Gubernur menyatakan, Unpatti di usia 58 tahun telah membuktikan diri mampu melahirkan banyak alumnus terbaik, dengan prestasi yang membanggakan, serta berhasil ‘memainkan’ peran strategis di berbagai bidang pekerjaan mulai tingkat daerah, nasional hingga internasional.

"Pencapaian prestasi para alumnus itu membuktikan, Ikapatti merupakan wadah dengan kekuatan profesional, yang diharapkan dapat berkonstribusi bagi kemajuan Unpatti, serta dapat bekerja sama dengan pemerintah daerah maupun pemerintah pusat, sebagai mitra sekaligus motor penggerak di berbagai sektor pembangunan," tandasnya.

Saat ini, kata Gubernur, pemerintah daerah masih memprioritaskan kegiatan/program berterkaitan dengan pengentasan kemiskinan, kesejahteraan masyarakat, dan perlindungan sumber daya alam sebagai aset untuk generasi mendatang.

Di samping itu, dengan ditetapkan Maluku sebagai daerah Lumbung Ikan Nasional (LIN) oleh Presiden RI, dan Ambon New Port yang segera dilaksanakan tahun ini, serta perpanjangan landasan Airport di Wilayah Maluku, merupakan pencapaian, serta tanggung jawab yang besar buat Pemporv Maluku, dalam meningkatkan ekonomi dan pendapatan daerah, sekaligus membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Maluku.

"Oleh karena itu, kami harapkan keterlibatan langsung Ikapatti bekerjasama dengan Unpatti dan pemerintah daerah demi mempersiapkan SDM yang berkualitas, dan siap bekerja di sektor-sektor unggulan ini," timpalnya.

Pemerintah daerah, kata Gubernur, akan selalu membuka ruang kerjasama bagi Ikapatti untuk duduk bersama, bersinergi  membangun Maluku.

"Maluku harus sejahtera dan sejajar dengan provinsi lainnya di Indonesia. Itu sudah menjadi tekad kami. Kami juga berharap, pengurus Ikapatti bisa kreatif, inovatif dan produktif, serta peka terhadap kebutuhan daerah, agar mampu menjawab tantangan dan kebutuhan global kedepan," harap Gubernur.

Gubernur juga meminta agar program-program yang disusun Ikapatti, harus mencirikan karakteristik Kepulauan Maluku, serta mengedepankan kearifan lokal Maluku.

"Kami yakin, dengan kepemimpinan Ketua Umum yang baru, berdasarkan hasil Mubes ke-I, Ikapatti akan maju dan mampu berkontribusi terbaik, untuk Unpatti dan Maluku," pungkasnya. (*)