BERITABETA.COM, Ambon – Anggota DPR RI Fraksi PKS dapil Maluku Saadiah Uluputty  mengaku bangga dan bersyukur atas kehadiran Universitas Muhammadiyah (UNIMMA) Maluku sebagai salah satu perguruan tinggi yang baru resmi di-launching  di Provinsi Maluku.

Kehadiran UNIMMA Maluku dinilai sebagai sebuah kemajuan dalam membangun dunia pendidikan di Provinsi Maluku, terutama dalam menciptakan Sumberdaya Manusia (SDM) yang mumpuni di masa mendatang.

“Saya menyambut gembira kehadiran Universitas Muhamadiyah di Maluku dan berharap kehadirannya  memberikan nuansa akademik baru dalam membangun SDM di kawasan timur Indonesia,” ungkap Anggota Komisi VII DPR RI ini usai mengikuti launching UNIMMA Maluku yang berlangsung di kawasan Wara Desa Batumerah, Ambon, Kamis (21/1/2021).

Saadiah mengaku, dengan berbagai pengalaman mengelola kampus di Indonesia secara profesional dirinya optimis dan dan percaya UNIMMA Maluku akan sungguh – sungguh menjadi lembaga perguruan tinggi yang mampu dan professional dalam menciptakan SDM yang unggul.

“Saya berharap  dampak multiplier efek dalam jangka waktu panjang.   Tidak saja berperan sebagai  agent of education, tetapi juga agent of resource and development dan juga agent of knowledge and technology,” tandasnya.

Hal ini, kata srikandi PKS Maluku ini, karena dengan memiliki lima  program studi di awal pendiriannya seperti  Ilmu Kelautan, Perikanan Tangkap, Kehutanan, Matematika dan Biologi, tentunya akan menjadi agen iptek yang mampu mengantarkan generasi muda Maluku lebih maju ke depan.

“Kita juga berharap mudah-mudahan kedepan bisa ditambahkan Prodi Teknik dan Pertambangan,” cetusnya.

Acara launching UNIMMA ini juga  dihadiri  Gubernur Maluku, Murad Ismail, Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haider Nasir (hadir secara virtual) Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Maluku dan Maluku Utara, Muhammad Bugis, Majelis Dikti Muhammadiyah Maluku serta sejumlah rektor perguruan tinggi di Maluku.

UNIMMA resmi mendapatkan Izin Operasional sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1189/M/2020 tertanggal 30 Desember 2020.

Dikutip dari suaramuhammadiyah.id, dengan megantongi izin itu, maka pada tahun ini UNIMMA siap beroperasi bersama dengan universitas dan sekolah tinggi lain yang ada di Maluku.

Pendirian UNIMMA merupakan proses yang panjang. Kampus kebanggaan Muhammadiyah di Indonesia timur ini, akan dicanangkan bersamaan dengan Tanwir Muhammadiyah di Ambon, 23-26 Februari 2017 (BB-DIO)