Pelaksanaan Rakor Disperindag se-Maluku di Bula, Ibukota Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku, Senin (22/02/2021).
Pelaksanaan Rakor Disperindag se-Maluku di Bula, Ibukota Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku, Senin (22/02/2021).

BERITABETA.COM, Bula — Setelah berhasil melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) di Kota Langgur Kabupaten Maluku Tenggara pada 2020 lalu, berikutnya giliran tahun 2021 ini Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) menjadi daerah kedua tempat dilaksanakannya Rakor Disperindag se-Maluku.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku Elvis Pattislanno menjelaskan, pelaksanakaan Rakor di SBT kali ini merupakan hasil keputusan bersama dalam forum Rakor tahun 2020 di Kota Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara.

"Ini untuk kedua kalinya kami melakukan (rakor)) di luar Kota Ambon. Tahun 2019 atas kesepakatan bersama seluruh Kepala Dinas Perindag Kabupaten dan Kota disetujui agar forum ini dilaksanakan secara bergilir di Kabupaten dan Kota yang ada di Maluku," kata Elvis Pattislanno saat membuka Rakor di Aula Kementrian Agama Kabupaten Seram Bagian Timur Senin, (22/02/2021).

Menurur Elvis, langkah tersebut diambil agar semua Organisasi Perangakat Daerah atau OPD terkait saling mengenal kondisi kabupaten/kota yang lainnya.

"Mulai tahun 2020 Malra sebagai tuan rumah. Pada saat itu Sekda SBT menyampaikan surat resmi untuk meminta pelaksanaan Rakor tahun 2021, kabupaten SBT menjadi tuan rumah," jelasnya.

Sementara itu, Plh Bupati SBT Syarif Makmur dalam sambutannya yang dibacakan Asisten II Idris Boufakar, sangat mengapresiasi pelaksanaan forum OPD Dinas Perdagangan dan Perindustrian se-Provinsi Maluku di bumi Ita Wotu Nusa tersebut.