BERITABETA.COM, Ambon – Sekretaris Kota (Sekot) Ambon, A.G Latuheru memastikan stok bahan pangan di Kota Ambon aman dan masih bisa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga usai lebaran Idul Fitri 2021 mendatang.

“Kondisi bahan pangan masih aman dan ketersediaannya masih cukup hingga usai lebaran,” kata Sekretaris Kota (Sekot) Ambon, A.G Latuheru di Balai Kota, Rabu (28/4/2021).

Sekot menjelaskan, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Ambon, telah melakukan rapat koordinasi untuk antisipasi kenaikan harga komoditi jelang lebaran tahun ini. Hasil rapat tersebut, semua harga komoditi pangan masih bisa dikendalikan.

“Untuk harga komoditi pangan masih bisa dikendalikan, harga sayur mayur masih terjangkau, begitu juga dengan ikan, telur, dan daging,” jelasnya.

Dikatakan Sekot, Pemkot melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) telah memperingatkan semua semua distributor bahan pangan untuk tidak menimbun barang di gudang, tetapi turut berpartisipasi dalam kegiatan pasar murah yang dilaksanakan Pemkot guna pengendalian inflasi.

“Salah satu tujuan dilaksanakan Pasar Murah oleh Pemkot Ambon adalah untuk pengendalian inflasi daerah,” ungkapnya.

Dirinya meyakini, terkendalinya harga komoditi pangan juga dipengaruhi faktor larangan kegiatan buka puasa secara massal oleh pemerintah.

“Larangan pemerintah untuk tidak laksanakan buka puasa secara massal juga mempengaruhi kestabilan harga, karena permintaan tidak melebihi ketersediaan pangan yang ada,” ungkapnya.

Menurut Sekot, antisipasi ketersediaan pangan terus dintensifkan hingga H-4 Lebaran, karena permintaan akan melonjak terutama untuk daging Sapi maupun Ayam.

Sekot meminta masyarakat mengelola ekspektasi dan tidak berlebihan dalam berbelanja barang kebutuhan, namun hal tersebut nantinya tergantung dari kemampuan finansial masyarakat.

“Oleh sebab itu, kita himbau pelaku – pelaku usaha untuk tidak terlambat dalam pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR), karena jika terlambat dibayar pasti terjadi penumpukan masyarakat yang berbelanja di pasar,” tandasnya.

Untuk diketahui, pada Maret 2021 Ambon mengalami inflasi 0,38 persen, dengan beberapa komoditas yang menjadi penyumbang inflasi yakni cabe, ikan tongkol, dan sekolah SMA.

Sedangkan Hasil pemantuan harga barang di pasar Mardika dan pasar Gotong Royong, pada minggu ketiga bulan April 2021, ada beberapa harga komoditi meningkat yakni cabe rawit, daging ayam, dan telur (BB-MCA)