BERITABETA.COM, Masohi - Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Maluku Tengah (Malteng) memastikan persiapan berkaitan dengan pelaksanaan Kongres PSSI Malteng telah rampung dilakukan.

Kongres ini diagendakan berlangsung pada Desember 2021 mendatang, menysul telah terbentuknya  Panitia Pelaksana Kongres yang pimpin  Ahmad El Talaohu.

Ketua Panitia Pelaksana Kongres Ahmad El Talaohu kepada beritabeta.com, Jumat (26/11/2021) menjelaskan, agenda utama kegiatan Kongres kali ini yakni pemilihan Ketua Askab Malteng untuk periode 2021-2025.

“Tahapannya akan dimulai dengan penjaringan bakal calon ketua,” ungkapnya.

Dikatakan, sebelum kongres Desember mendatang, Askab telah melaksanakan beberapa tahapan, sesuai dengan statuta PSSI yang diawali dari tahapan pendaftaran bakal calon, sampai dengan pelaksanaa tahapan Kongres, terhitung mulai hari ini sampai dengan awal Desember 2021.

Talaohu mengatakan, untuk tahapan Kongres biasanya,  pemilihan ketua Askab PSSI Malteng, peserta memberikan hak suara [voters] yang merupakan anggota klub dari Askab Malteng.

Selain itu,  panitia juga telah mensosialisasikan kepada anggota klub untuk mempersiapkan administrasi dan perlengkapannya, menuju Kongres nanti.

“Kita punya tujuh anggota klub di Askab Malteng yang akan memberikan hak suaranya,” jelas dia.

Ke-7 klub yang akan memberikan hak suara adalah itu masing-masing Morokai FC, Persiwa Waitonipa FC,  Kobi FC, Baterek Saleman FC,  Aranima Pasanea FC,  Nuaulu FC, dan  PSH Hatumete FC.

Ia menambahkan, sesuai dengan arahan dari Plt Askab Malteng,  Kongres ini diharapkan dapat menetapkan ketua defenitif, sehingga roda organisasi bisa berjalan dengan baik, dan juga eksistensi sepakbola bisa bangkit di Malteng.

Semnetara itu, Plt Ketua Askab PSSI Malteng Halid Latuamury menambahkan, tahapan Kongres biasa Askab, akan memilih tujuh orang untuk mengembangkan sepakbola di Malteng.

“Nanti kongres biasa ini akan di pilih seorang ketua, seorang wakil ketua, dan lima anggota eksekutif, dan nantinya dari ketuju orang terpilih ini akan menetapkan komite-komite tetap, sekaligus mengusulkan penunjukan sekjen Askab Malteng,” tambahnya (*)

Pewarta : Fandi Ahmad