BERITABETA.COM, Ambon - Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia atau yang dikenal dengan sebutan GAMKI akan menggelar Kongres XII di Kota Ambon, dan Kota Ambon sendiri akan menjadi Tuan Rumah Kongres Nasional ini pada tanggal 19-23 Maret 2023 akan datang.

Ketua Panitia Kongres Nasional ke XII GAMKI Lucky Wattimury mengatakan jelang kegiatan kongres bertaraf nasional itu, akan dihadiri sekitar 700 peserta dari seluruh Indonesia.

"Berbagai persiapan pun telah dilaksanakan dan sesuai rencana pembukaan kongres akan berlangsung di gedung Gereja Maranatha Ambon,"kata Wattimury yang didampingi Wakil Ketua Seksi Komunikasi dan Dokumentasi, Izaac Tulalessy, dan Ketua DPC GAMKI Ambon, Mayos Picanusa saat konferensi pers yang berlangsung di Lantai 2 Baileo Oikumene, Ambon, Selasa (24/01/2023).

Menurut Wattimury, jadwal Kongres Nasional ini seharusnya berlangsung di tahun 2022, namun sesuai hasil koordinasi dengan DPP GAMKI di Jakarta, maka kegiatan nasional ini baru bisa dilaksanakan tahun 2023.

"Untuk mensukseskan kegiatan nasional ini,   DPD GAMKI Maluku telah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Maluku, Pemerintah Kota Ambon, Ketua Sinode GPM hingga Kementerian Agama Maluku. Disamping itu, pihaknya juga akan melakukan audiensi dengan Kapolda Maluku dan Pangdam XVI Pattimura untuk memastikan terciptanya kamtibmas yang kondusif demi kelancaran Kongres Nasional ke XII GAMKI di kota berjuluk manise ini,"ungkapnya.

Wattimury membeberkan berbagai isu lokal Maluku seperti UU daerah kepulauan, Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN) yang hingga saat ini belum ada kepastian regulasi dan isu-isu lainnya akan diangkat sebagai materi study meeting untuk dibahas dalam kongres, sebagaimana koordinasi dengan Ketum DPP GAMKI.

"Isu-isu yang diangkat diharapkan nantinya akan ditindaklanjuti dalam kerja steering committee. Kendati membangun Maluku itu harus dimulai dari laut dengan berbagi potensi sumberdaya didalamnya ," bebernya.

Wattimury juga turut mengajak masyarakat Kota Ambon untuk berkontribusi mensukseskan jalannya kongres dengan tetap menjaga kebersihan lingkungan hingga menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif agar para peserta kongres dapat menikmati keindahan dan kedamaian di Kota Ambon.

"Suksesnya kongres tidak hanya ditentukan oleh panitia atau DPD GAMKI, namun keberhasilan ditentukan oleh kerjasama semua unsur di Kota Ambon dan Maluku secara umum," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) GAMKI Kota Ambon, Mayos Picanusa mengatakan pihaknya siap mendukung dan mensukseskan kegiatan nasional yang sekaligus menjadi sarana strategis untuk menyampaikan berbagai kepentingan daerah untuk dibahas ditingkat pusat.

"Kongres ini akan kita gunakan semaksimal mungkin sebagai sarana untuk membangun Maluku," tutupnya (*)

Pewarta : Febby Sahupala