BERITABETA.COM, Ambon – Pelaksanaan Kongres Nasional Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) ke XII ditunda hingga 13 Mei 2023 mendatang. Kongres Nasional  ini awalnya direncakan digelar pada tanggal 19-23 Maret 2023.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) GAMKI Maluku, Heppy Lelaparry menjelaskan keputusan penundaan ini setelah  adanya hasil pertemuan dengan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) GAMKI di Jakarta.

Menurut Heppy, alasan penundaan kegiatan nasional ini, karena adanya konsolidasi internal di GAMKI sehingga DPP dalam kerja konsolidasi harus melakukan beberapa persiapan teknis maupun non teknis.

"Penundaan ini berpengaruh bagi kesiapan Maluku khususnya Kota Ambon sebagai tuan dan nyonya rumah Kongres. Olehnya itu pelaksanaanya diagendakan kembali pada tanggal 13-18 Mei 2023,"ujar Heppy dalam keterangan pers yang didampingi, Lucky Wattimury selaku Ketua Panitia Kongres GAMKI ke XII dan Michael Siahaya selaku Sekretaris DPD GAMKI Maluku di Lantai 2 Baileo Oikumene, Ambon, Selasa (14/03/2023).

Heppy mengatakan seluruh percakapan dan persiapan yang sudah kami lakukan di DPD maupun lewat panitia harus dikonsolidasi ulang.

"Olehnya itu pertemuan ini kami lakukan guna menginformasikan kepada masyarakat Maluku khususnya warga gereja yang pada awalnya sudah terkonsolidasi untuk menyiapkan momentum ini,"katanya.

Heppy mengungkapkan DPP GAMKI juga sementara melakukan persiapan untuk menyesuaikan jadwal para narasumber yang sebagian besar dari kalangan Kementerian untuk nantinya membahas isu-isu pembangunan di Maluku maupun isu nasional lainnya yang akan diangkat sebagai materi study meeting dalam kongres.

"Disamping itu, juga dilakukan penyesuaian terkait kehadiran Presiden RI Joko Widodo untuk membuka kegiatan nasional dimaksud. Surat resmi penundaan sudah disiapkan DPP GAMKI untuk berbagai pihak di daerah baik itu Pemprov Maluku, Pemerintah Kota Ambon, DPRD Maluku, Polda Maluku, hingga Kodam XVI Pattimura yang awalnya sudah dilakukan audiensi untuk persiapan," ungkapnya.