BERITABETA.COM, Ambon – Yosias Matulessy (67) ditemukan meninggal dunia dan membusuk dalam rumahnya di Desa Itawaka, Kecamatan Saparua Timur, Kabupaten Maluku Tengah pada Senin (13/3/2023).  Penemuan ini membuat warga sekitar menjadi geger.

Ps Kasi Humas Polresta Ambon dan Pulau-pulau Lease, Iptu Moyo Utomo, mengatakan jasad korban ditemukan sekitar pukul 12.30 WIT.

Korban ditemukan oleh beberapa warga yang melintas di depan rumahnya. Baca Juga Pemalang Geger, Ibu Rumah Tangga Ditemukan Tewas Gantung Diri di Kamar

"Sesampainya di depan rumah korban, David dan Noce (saksi) mencium bau tidak enak. Sumber bau berasal dari dalam rumah korban," kata Moyo Utomo, dikutip dari portal Polri, Selasa (14/3/2023).

Dia menyebut, David lantas memeriksa rumah korban melalui jendela. Terlihat korban sudah tergeletak di lantai ruang tamu dalam posisi tertidur miring.

Kedua saksi, kata dia, lantas melaporkan temuan itu ke Raja Negeri Itawaka dan diteruskan ke Polsek Saparua Timur. Beberapa saat setelah menerima laporan, personel Polsek Saparua tiba di TKP sekira pukul 13.10 WIT.

Jasad korban lalu dievakuasi menggunakan kantong jenazah. Namun, pihak keluarga menolak untuk dilakukan autopsi.

Menurut Moyo, dari keterangan tetangga, korban dikenal aktif bersosialisasi. Tetangga terakhir kali melihat korban pada Sabtu (11/3/2023) sekira 09.00 WIT.

“Di rumah itu, korban tinggal sendiri. Dari keterangan salah satu tetangga korban bernama Jhony Syaranamual, korban memiliki istri dan anak di Jakarta,” ujar Moyo.

Berdasarkan pemeriksaan luar, polisi tak menemukan adanya tanda-tanda kekerasan pada tubuh korban. Akan tetapi, korban diketahui mengidap penyakit asma yang telah diderita selama dua tahun terakhir.

"Korban juga memiliki riwayat penyakit asma," tutup Moyo (*)

Editor Redaksi