BERITABETA.COM, Ambon – Anggota DPR-RI Dapil Provinsi Maluku Hendrik Lewerissa mendesak aparat Kepolisian untuk mengungkap pelaku di balik aksi penembakan misterius terhadap dua warga Negeri Itawaka, Kecamatan Saparua Timur, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) pada, Senin (15/5/2023).

“Sebagai wakil rakyat Maluku yang berada di DPR-RI dan selaku anak negeri Lease khususnya, saya prihatin dan mendesak kasus penembakan tersebut diusut secara tuntas aparat kepolisian,” ungkap Lewerissa melalui saluran telponnya kepada media ini, Senin malam (15/5/2023).

Politisi Partai Gerindra ini mengaku, sangat disayangkan kejadian tragis itu bisa terjadi di waktu yang bersamaan dalam sukacita perayaan hari Pattimura ke-206. Apalagi korban jiwa adalah warga masyarakat yang tidak berdosa.

“Saya minta aparat kepolisian tidak boleh tinggal diam dan harus gerak cepat menyelidiki, identifikasi dan segera menangkap pelaku penembakan misterius, tanpa pandang bulu,” tegasnya.

Dikatakan, peristiwa penembakan yang menelan korban warga sipil di sekitar daerah itu sering terjadi. Dua warga yang jadi korban terkini itu merupakan kesekian kalinya dan tidak pernah masyarakat tahu proses penegakan hukum terhadap para pelaku.

Karena itu, tambahnya, masyarakat di Pulau Saparua khususnya dan Kepulauan Lease umumnya menuntut keadilan dan kehadiran negara untuk mengusut secara tuntas peristiwa yang terjadi di Saparua, yang menodai perayaan hari Pattimura, pahlawan kebanggaan orang Maluku.

“Saya percaya bahwa aparat penegak hukum mampu mengusut tuntas peristiwa tersebut. Karena Saparua bukan pulau besar, hanya pulau kecil. Dan aparat kepolisian punya sumberdaya yang mampu ungkap peristiwa tersebut, menangkap pelaku dan proses hukum tegas sesuai aturan yang berlaku di negara ini,” pintanya.