BERITABETA.COM, Ambon – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo dijadwalkan besok, 14 Mei 2023 akan membuka Kongres XII Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) di Gereja Maranatha, Kota Ambon.

Pelaksanaan kongres dijadwalkan akan berlangsung dari tanggal 14-18 Mei 2023.

"Hadir pada Kongres nanti ada Deputi I Kantor Staf Kepresidenan Febry Calvin Tetelepta, Deputi II Kepala Staf Kepresidenan Abetnego Panca Putra Tarigan, pengurus organisasi kepemudaan lintas agama, GP Ansor, Pemuda Muhammadiyah, Pemuda Katolik dan teman-teman dari kelompok Cipayung serta keluarga besar GAMKI," kata Sekretaris Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) GAMKI, Sahad Sinurat, di Ambon, Sabtu (13/5/2023).

Sinurat menjelaskan pihaknya telah tiba lebih awal di Kota Ambon sebagai tuan dan nyoya rumah, untuk memantau persiapan sekaligus berkoordinasi dengan panitia guna memastikan pelaksanaan kongres berjalan dengan aman dan lancar.

"Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Maluku, Pemerintah Kota Ambon, Gereja Protestan Maluku (GPM), masyarakat, dan seluruh pihak yang mendukung penyelenggaraan kongres, secara khusus warga gereja lewat kesediaan menampung peserta kongres di rumah warga sebagaimana diatur oleh panitia,"jelasnya.

Menurut Sinurat, kurang lebih 1.000 peserta akan hadir dari 220 DPC (Dewan Pimpinan Cabang) GAMKI pada 28 Provinsi di Indonesia, dan hampir 100 peserta salah satunya delegasi GAMKI Papua telah tiba di Ambon dengan menumpangi KM. Ciremai.

"Jadi hari ini kedatangan terakhir dari peserta dan registrasi akan dimulai. Setelah pembukaan akan ada study meeting dan membahas topik terkait Pancasila, Pemilu, pembangunan yang ada di Maluku dan beberapa isu strategis lainnya,"ujarnya.

Sinurat juga menambahkan pada study meeting dengan topik-topik yang dibuat ada sekitar 8 sesi hingga hari Senin 15 Mei 2023, dan semua narasumber sudah dikonfirmasi.

"Agenda hari Selasa 16 Mei 2023,  masuk pada laporan pertanggungjawaban pengurus dan pembahasan-pembahasan internal lainnya," tambahnya.