BERITABETA.COM, Ambon –David Juliano Sitanala, pebalap muda asal Maluku yang bertanding di sirkuit internasional Formula 4 China dengan memperkuat tim Champ Motorsport ini, menemui Gubernur Maluku Said Assagaff di ruang kerjanya, Rabu (30/1/2019).

David yang telah mengharumkan nama Indonesia dan Maluku itu mengatakan, dirinya menemui Gubernur Said untuk menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan Pemerintah Daerah (Pemda) Maluku selama ini.

“Saya mengunjungi pak gubernur sekaligus untuk menyampaikan ucapan terima kasih, karena selama empat (4) tahun terakhir ini sangat mendukung karier balap saya di kancah internasional,” ungkap peraih dua piala, terakhir di sirkuit Zhuhai, China, pada April 2017.

Di tahun 2017 itu, kata David, Pemda Maluku melalui Gubernur Said, banyak memberikan dukungan dan suport untuk bidang olahraga ini.

“Ada banyak campur tangan yang beliau (gubernur) berikan berupa dukungan dana dan support. Dan yang paling besar dukungannya itu di tahun 2017 saat balapan di China,” ujarnya.

Selain balapan, David juga ikut mempromosikan pariwisata Maluku. Hal ini dilakukan sejak 2014 dan 2015 saat dirinya mendapat sponsor dari Kementerian Pariwisata untuk mempromosikan daerah-daerah wisata yang ada di Indonesia.

“Tapi saat itu saya beri masukan, kalau yang dipromosikan semisal Bali, Surabaya, Bangka Belitung dan Pulau Komodo itu sudah banyak orang di luar yang tahu. Makanya saya minta ke mereka untuk mempromosikan Maluku dan kementerian menyetujuinya. Dan saat itu juga kita full promosikan Maluku,” tutur David.

Keinginannya mempromosikan Maluku pun berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Pada tahun 2016 dan 2017 saat ajang Formula 4, promosi pun dilakukan melalui body mobil balap dengan menampilkan logo pemerintah daerah dan tulisan-tulisan yang mengajak, dengan memperlihatkan fisik lokasi wisata dan kegiatan-kegiatan wisata Maluku.

Dengan niat terus mempromosikan pariwisata di Maluku, David lantas melanjutkan pendidikan ke Singapura dengan bantuan beasiswa yang diberikan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Maluku.

“Bukan hanya di dunia balapan. Bapak gubernur juga telah memberikan beasiswa kepada saya untuk melanjutkan studi ke Institut Nanyang, Singapura. Saya sangat berterima kasih, karena beliau begitu memperhatikan kami anak-anak Maluku untuk terus berkarier dan berkarya,” ungkap David. (BB-GTR)