BERITABETA.COM, Ambon — Tiga event bertaraf Nasional dan Internasional yang memiliki kaitan erat dengan sektor Pariwisat bakal digelar di Kota Ambon, Provinsi Maluku pada tahun 2023 ini.

Penjabat [Pj] Walikota Ambon Bodewin. M. Wattimena mengatakan, untuk menjemput Darwin - Ambon Yacht Race, Kejuaraan Nasional [Kejurnas] Paralayang dan Malam Anugerah Pesona Indonesia [API] 2023 ini, pihaknya meminta kepada masyarakat agar mempersiapkan diri dan mendukung Pemerintah Kota [Pemkot] Ambon dalam menyukseskan event-event tersebut.

Wattimena mengungkapkan, dalam hubungan Sister City [Kota Bersaudara] Ambon dengan Darwin, Australia, maka akan kembali diselenggarakan Darwin-Ambon Yacht Race pada bulan Agustus.

"Saya sudah menerima surat dari penyelenggara di Darwin. Ini akan diwujudkan karena sudah dua tahun Yacht Race ini terhenti akibat pandemi," ungkap Bodewin. M. Wattimena di Ambon, Sabtu (18/02/2023).

Ia membeberkan, nantinya pada bulan September 2023, ada Kejurnas Paralayang yang dilaksanakan di Bukit Paralayang Dusun Eri.

Termasuk ada agenda nasional berupa malam Anugerah Pesona Indonesia [API] 2023, dimana Kota Ambon menjadi tuan rumah.

"Oleh sebab itu, kita tentu berharap semua event didukung oleh semua elemen masyarakat kota ini," ucapnya.

Dia berujar, berbagai hal yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk mendukung suksesnya event-event tersebut yakni dengan membangun ekosistem yang baik guna menunjukkan bahwa Ambon adalah kota yang Maju, Aman, Nyaman, Indah, Sehat dan Masyarakat-nya Sejahtera.

"Mungkin masyarakat sejahtera masih dalam impian, tetapi yang lain dapat kita wujudkan, misalnya sampah tidak kelihatan di siang hari, menjadi tuan rumah yang ramah, menjaga ketertiban dan keamanan agar orang tidak resah, tidak merasa terganggu di kota ini. Semua ini menjadi tanggungjawab kita bersama," ujarnya. (*)

Pewarta : Febby Sahupala