BERITABETA.COM – Warganet belakangan ini ramai mengungah video-video pendek hasil editan yang menampakkan seseorang seolah tengah bernyanyi.

Video-video itu merupakan hasil inovasi yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi yang disediakan melalui PlayStore Android, sehingga foto diam bisa bergerak, seperti bernyanyi mengikuti irama lagu dan berbicara. Aplikasi yang kini booming adalah Talking Photos from Meing.

Namun seperti dilansir kompas.com, aplikasi  yang paling banyak digunakan adalah  aplikasi MyHeritage. Aplikasi ini tercatat sudah digunakan jutaan orang di dunia.

Melansir dari Newsweek, MyHeritage menggunakan teknologi yang disebut Deep Nostalgia yang dirilis MyHeritage pada 25 Februari 2021.

Deep Nostalgia dibuat menggunakan teknik kecerdasan buatan (AI) untuk membuat foto bisa tampak bergerak, tersenyum dan berkedip.

Kebanyakan pengguna MyHeritage menggunakan aplikasi ini untuk menganimasikan orang-orang terdekat yang sudah meninggal (almarhum). Namun, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengedit foto apapun asal memiliki bentuk wajah termasuk lukisan dan patung.

My Heritage dalam pernyataannya pada 4 Maret mengklaim aplikasinya telah digunakan mengedit 10 juta wajah oleh para penggunanya. Meski demikian MyHeritage mengakui bahwa teknologinya mungkin kontroversial di tengah maraknya video deepfake.

Deepfake adalah AI digunakan untuk membuat animasi hiper realistis dari orang sungguhan yang seringkali sulit dibedakan dari rekaman asli.

Deep Nostalgia yang ditawarkan oleh aplikasi kembangan perusahaan silsilah online ini dibekali AI berlisensi dari D-ID untuk menciptakan efek foto bergerak.

Selain MyHeritage, terdapat juga 8 aplikasi serupa yang banyak digunakan netizen. Berikut aplikasi-aplikasi dimaksud :

1. StoryZ Photo Motion & Cinemagraph

StoryZ Photo Motion & Cinemagraph memiliki fitur lebih advanced dibandingkan aplikasi lainnya. Aplikasi edit foto bergerak Instagram ini sekilas memiliki tampilan dan fungsi yang sama dengan aplikasi Plotagraph, aplikasi foto bergerak yang ekslusif untuk pengguna iPhone.

Tidak hanya untuk membuat foto bergerak saja, StoryZ bisa juga mengubah foto kamu menjadi animasi GIF dan Animated Double Exposure.

2. Lumyer - Magic Photo Animator

Aplikasi Lumyer - Magic Photo Animator, juga bisa memberikan efek animasi bergerak sehingga tampak lebih hidup layaknya sebuah video. Pada aplikasi foto bergerak 3D ini kamu akan ditawarkan lebih dari 200 filter yang bisa dipilih sesuai dengan keinginanmu.

Setelah mencoba cara membuat gambar bergerak di aplikasi ini, kamu bisa menyimpan hasil foto kamu dalam format GIF untuk dibagikan ke sosial media kamu, geng.

3. Live Motion Picture - Live Photo Animation

Live Motion Picture - Live Photo Animation merupakan aplikasi yang memberikan fitur sederhana untuk kamu membuat animasi-animasi menarik di sosial media. Tapi, aplikasi ini hanya bisa membuat sebuah motion photo tanpa bisa menambahkan suara atau latar musik.

Meski nggak termasuk aplikasi foto bergerak dengan musik, Motion Picture masih cukup simpel untuk kamu yang masih pemula dan ingin mencoba cara menjadi selebgram.

4. Zoetropic - Photo In Motion

Aplikasi Zoetropic - Photo In Motion bakal memberikan kesan hidup pada foto setiap pengguna dengan menambahkan efek sinematik yang indah. Untuk menggunakannya kamu tinggal memberikan masking pada daerah foto yang hendak dibuat diam dan menyisakan bagian yang bergerak.

Pokoknya, aplikasi foto bergerak 3D ini cukup mudah digunakan tanpa perlu menghafal tutorial yang sulit.

5. Loopsie - Motion Video Effects Living Photos

Loopsie - Motion Video Effects Living Photos merupakan salah satu aplikasi foto bergerak iPhone dan Android.

Penggunaan aplikasi edit foto iPhone ini mirip dengan Zoetropic. Selebihnya, aplikasi ini cukup ringan untuk digunakan sehingga cocok untuk semua jenis smartphone Android.

Penggunanya hanya perlu memberikan masking pada area yang foto yang nggak akan dibuat bergerak, sehingga area tanpa masking-lah yang akan bergerak.

6. Plotaverse - Create Your Reality

Dilihat dari namanya saja, Plotaverse - Create Your Reality memang tampaknya hendak membawa fitur yang dihadirkan pada Plotagraph yang ekslusif di iOS.

Aplikasi foto bergerak dengan musik ini menyediakan banyak fitur, seperti animation tool, selection tool, instant playback, hingga menyesuaikan kecerahan foto.

Menariknya, pada aplikasi gambar bergerak ini kamu bisa mengeksport gambar ke dalam bentuk GIF, MP4 dan PNG.              

7. Gif Me! Camera

Sesuai dengan namanya, Gif Me! Camera bakal membawa sensasi membuat animasi GIF di WhatsApp langsung dari kamera smartphone.

Aplikasi foto bergerak seperti boomerang ini menyediakan fitur lengkap untuk berkreasi dengan berbagai filter yang ditawarkan untuk memperindah foto.

Di sini, penggunanya bisa membuat stop motion, timelapse, hingga GIF untuk selanjutnya di-upload ke sosial media.

8. Talking Photos from Meing

Terakhir adalah aplikasi Talking Photos from Meing untuk membuat postingan video lucu bin receh di sosial media, seperti Twitter dan Instagram.

Aplikasi foto bergerak kanan-kiri ini akan otomatis mengubah foto menjadi gambar bergerak dan bernyanyi berdasarkan teks yang kamu masukkan. Saking mudah digunakan aplikasi ini banyak digunakan oleh netizen saat ini (BB-RED)