BERITABETA.COM, Ambon — Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon saat ini telah memiliki sebanyak 98 guru besar atau profesor pada bidang ilmu berbeda-beda.

"Saat ini guru besar yang dimiliki Unpatti berjumlah 98 orang," Ungkap Rektor Unpatti Ambon Prof. M. J. Saptenno di Ambon, Selasa (03/10/2023).

Saptenno menandaskan, pengukuhan Prof Natelda R. Timisela, Prof Abednego, Prof Febby Jeanry Polnaya, Prof Hermalina Sinay, Prof Marleny Leasa, Prof Jesaja Ajub Pattikawa, Prof Matheus Souisa dan Prof Petronela Sahetapy menjadi bukti bahwa Unpatti saat ini merupakan perguruan tinggi yang berkompeten ikut andil dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di Maluku.

"Ini sebagai bukti bahwa Unpatti saat ini merupakan perguruan tinggi yang berkomitmen ikut andil dalam pembangunan sumber daya manusia di Maluku," tandasnya.

Dia menambahkan, penambahan delapan guru besar itu sekaligus sebagai bentuk komitmen pengembangan dunia pendidikan di Provinsi Maluku.

"Pengukuhan delapan guru besar ini sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Republik Indonesia Nomor: 36848/M/07/2003 tentang kenaikan jabatan akademik fungsional dosen," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Senat Universitas Pattimura Prof. S. E. M. Nirahua menjelaskan, pengukuhan guru besar adalah momentum penting dalam perjalan sejarah studi di Unpatti.

Untuk itu, dia memberikan penghormatan yang tinggi kepada Rektor Unpatti yang telah menelurkan banyak guru besar selama dua periode masa jabatannya.

Selain dikukuhkan, delapan Guru Besar tersebut juga menyampaikan pidato pengukuhan sesuai dengan judul karya ilmiah yang telah diteliti sebagai salah satu persyaratan mendapatakan gelar guru besar tersebut.