BERITABETA.COM, Ambon – Wabah Covid-19 hingga kini masih saja menggerogoti dan mengancam, meski pemerintah dan berbagai elemen penting lainnya sudah berupaya keras untuk memutus mata rantai virus tersebut.

Melihat problem itu, Wakil Gubernur Maluku Barnabas Nathaniel Orno mengimbau masyarakat, agar memproteksi diri masing-masing di tengah situasi ancaman Pandemi Covid-19. Dan itu harus dilakukan sedini mungkin serta secara intens.

“Satu-satunya cara hanya proteksi diri masing-masing, dengan cara cuci tangan, jaga jarak, pakai masker dan hindari kerumunan,” ajak Orno, di Kantor Gubernur Maluku, Selasa (29/12/20).

Orno mengatakan proteksi terhadap diri sendiri, mampu menekan jumlah angka terkonfirmasi positif corona di Provinsi Maluku. Protokol Kesehatan, lanjutnya, adalah cara ampuh mengatasi potensi penularannya.

“Kalau semua mampu proteksi diri masing-masing, serta taat dengan Protokol Kesehatan, otomatis ada yang namanya kerjasama antara pemerintah dan masyarakat. Dengan begitu, saya yakin kita dapat menurunkan angka terkonfirmasi dan bisa kembali hidup normal,” ujarnya.

Orno mengatakan, dengan situasi pandemi Covid-19 ini jangan sampai menghilangkan nilai-nilai budaya di Provinsi Maluku. Artinya, jangan sampai bergeser lantaran wabah tersebut.

Mantan Bupati Maluku Barat Daya (MBD) dua periode ini juga berharap, seluruh masyarakat bisa patuh terhadap anjuran pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran corona.

“Apa yang dibuat oleh pemerintah merupakan itikad baik untuk bagaimana membebaskan kita semua dari ancaman wabah Covid-19 ini. Jadi tolong dipatuhi, ” tutup Orno berharap. (BB-YP)