BERITABETA.COM, Ambon – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menyampaikan himbauan kepada seluruh warga, agar tetap mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.   

Himbauan ini menyusul adanya dugaan  mutasi Virus Corona Varian Delta (B.1.617.2) telah masuk ke Kota Ambon.

“Adanya kematian pada anak beberapa hari yang lalu, diduga kuat merupakan virus varian baru. Saya minta kepada seluruh warga kota Ambon tetap patuhi protokol kesehatan,” kata Wakil Walikota Ambon Syarief Hadler kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Senin (28/6/2021).

Ia menjelaskan, Virus Corona Varian Delta lebih banyak menyerang anak.

"Secara medis sementara diuji, namun demikian antisipasi tetap harus dilakukan, dan Pemerintah Kota Ambon tetap melakukan pemantauan atas kondisi yang ada." terangnya.

Menurut Wawali kendati proses penelitian laboratorium sementara dilakukan dan belum ada vonis kebenaran ilmiahnya,  namun antisipasi terkait dengan ancaman virus varian baru ini harus tetap dilakukan.

Selain itu, masyarakat diminta untuk tetap menjaga jarak, menggunakan masker , mencuci tangan. Termasuk pemberlakuan pembatasan skala mikro harus dioptimalkan, di semua wilayah untuk melakukan pemantauan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon, Wendy Pelupessy menjelaskan, sampai saat ini belum ada kepastian terkait masuknya Covid-19 Varian Delta ini.