BERITABETA.COM  – Mimpi Timnas Belanda untuk melaju ke putaran 8 besar EURO 2020 akhirnya pupus. Skuad asuhan Frank de Boer tumbang di 16 besar setelah dibantai Timnas Republik Ceko dengan skor telak 2 : 0, di Puskas Arena, Budapest, Minggu 27 Juni 2021.

Belanda tampil mendominasi di babak pertama. Tapi, dari banyaknya peluang yang tercipta belum mampu membuahkan gol.  Pada menit ke-9, De Ligt nyaris saja mencatatkan namanya di papan skor. Sayangnya, ia tak mampu memaksimalkan umpan tendangan bebas Daley Blind.

Belanda kembali mendapat peluang emas empat menit kemudian. Menerima umpan terobosan Daley Blind, Denzel Dumfries yang lolos dari jebakan offside langsung berhadapan dengan kiper Ceko, Tomas Vaclik.

Tapi, Tomas Kalas masih sigap dan cepat untuk memblok tembakan kaki kiri Dumfries sebelum meluncur ke gawang.

Ceko baru mendapatkan peluang pada menit ke-38. Antonin Barak meneruskan umpan mendatar dengan sepakan dari sisi kanan gawang. De Ligt sukses melakukan blok untuk menjadikan sepak pojok yang kemudian dihalau.

Jelang turun minum, Memphis Depay mengecoh pemain lawan di kotak penalti. Dia mengirim sodoran kepada Van Aanholt, yang meneruskan dengan sepakan meski masih melenceng dan offside. Hingga wasit meniupkan peluit akhir, skor 0-0 tak berubah hingga turun mimun.

Di awal babak kedua, Belanda nyaris mencetak gol. Donyell Malen menunjukkan aksi luar biasa dengan melewati beberapa bek Ceko dan kemudian berhadapan satu lawan satu dengan Vaclik.

Dia mencoba untuk mengecoh, tetapi Vaclik melakukannya dengan brilian dan membuat antisipasi yang luar biasa untuk mengamankan bola.

Semenit kemudian, petaka menghampiri Belanda. Matthijs De Ligt diganjar kartu merah karena sengaja menghentikan bola dengan tangannya. Belanda pun harus bermain dengan 10 orang.