BERITABETA.COMFederasi Sepak Bola Belanda (KNVB) secara resmi kembali menunjuk Louis van Gaal sebagai pelatih baru Timnas Belanda pada Rabu 4 Juli 2021.

Penunjukan itu membuatnya akan bertugas untuk yang ketiga kalinya di tim Belanda. Ia ditunjuk secara tiba-tiba, kurang dari seminggu sebelum ulang tahunnya yang ke-70, yang akan jatuh pada 8 Agustus.

Louis Van Gaal akan melatih Timnas Belanda hingga  Piala Dunia 2022 yang akan digelar di Qatar tahun depan. Ini merupakan kali ketiga bagi Van Gaal menjabat sebagai pelatih Timnas Belanda. Sebelumnya, juru taktik 69 tahun itu juga sempat menjabat di posisi yang sama pada 2000-2002 dan 2012-2014.

Sepak bola Belanda, kata pria kelahiran  Amsterdam, Belanda, 8 Agustus 1951 itu, selalu dekat dengan hatinya dan kepelatihan nasional dalam pandangannya  adalah posisi kunci untuk kemajuan lebih lanjut dari sepak bola.

“Selain itu, saya menganggap suatu kehormatan untuk melatih tim nasional Belanda. Ada sedikit waktu untuk pertandingan kualifikasi berikutnya, yang segera penting untuk partisipasi di Piala Dunia," ujar Van Gaal dikuti dari okezone.com yang dilansir dari laman Goal International, Rabu (4/8/2021)..

Ia mengaku, akan fokus segera 100 persen pada para pemain dan pendekatan. “Bagaimanapun, saya ditunjuk untuk itu. Senang bisa kembali ke Zeist," ujarnya lagi.

Van Gaal sendiri memiliki prestasi yang cukup baik sebagai pelatih di level klub. Ia tercatat meraih tujuh gelar liga, satu Liga Champions, dan satu Piala FA. Meski demikian, belum sekali pun ia meraih gelar di level tim nasional.

Prestasi terbaiknya adalah membawa Timnas Belanda finis ketiga di Piala Dunia 2014. Setelah piala dunia itu, ia kemudian memimpin Manchester United yang kala itu baru saja memecat David Moyes.