BERITABETA.COM – Timnas Belanda akan berhadapan dengan Timnas Republik Ceko di babak 16 besar Euro 2020, Minggu (27/6/2021). Pertandingan ini akan digelar di Puskas Arena, Budapest, Hungaria. Pemenangnya akan ditunggu Wales atau Denmark di perempat final.

Ceko menyandang status kuda hitam pada pertemuan ini. Karena Timnas Belanda yang jadi lawan mereka punya catatan impresif selama mengarungi fase grup.

Memainkan tiga pertandingan, skuad asuhan Frank de Boer memetik kemenangan beruntun. Mereka melaju ke babak gugur dengan rekor mengerikan.

Tapi Timnas Belanda wajib waspada. Karena Ceko punya senjata rahasia untuk bisa meladeni permainan agresif mereka.

Dalam tim Ceko saat ini ada sosok Tomas Galasek. Dia menjabat sebagai asisten pelatih. Pengalamannya ketika bermain banyak dihabiskan di Belanda.

Galasek adalah mantan kapten Ajax Amsterdam pada 2000 hingga 2006. Dia juga pernah memperkuat Willem II dalam kurun waktu 1996 sampai 2000.

Gelandang bertahan Ceko, Tomas Holes secara terang-terangan menyebut Galasek menjadi salah satu kunci mereka dalam menganalisa permainan De Oranje.

"Kami menggunakan keahliannya yang kaya saat menganalisa sepakbola Belanda," kata Holes, dikutip dari laman resmi UEFA.

Ditambahkan Holes, selama masa persiapan, dia mendapat banyak nasehat dari Galasek. Karena kebetulan posisi bermain mereka sama.

Inilah yang membuat pertandingan nanti semakin menarik. Ceko dengan segala upayanya akan coba memberi tantangan kepada Belanda.