BERITABETA.COM, Ambon – Yayasan EcoNusa, sebuah yayasan yang bergerak dalam bidang lingkungan menyalurkan sejumlah bantuan berupa alat kesehatan di Negeri Haruku, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

Jenis bantuan yang diserahkan yayasan ini berupa Alat Pelindung Diri (APD), Rapid Test dan masker yang diterima oleh  Pemerintah Negeri Haruku, di Rumah Kewang Haruku Selasa (10/11/2020).

Direktur CEO EcoNusa, Bustar Maitar mengatakan, penyerahan APD ini dan alat kesehatan tersebut nantinya bisa digunakan para tenaga kesehatan saat merawat pasien. Penyerahan ini, juga untuk membantu tenaga kesehatan maupun pemerintah desa dalam masa pandemi Covid-19 ini.

“Terkait kesehatan, kita membawa sebanyak 1500 APD, yang distribusikan ke desa-desa. Jadi bisa digunakan petugas kesehatan setempat. Karena pada kenyataannya, alat pendukung kesehatan akhir-akhir ini sudah mulai terbatas jumlahnya, bahkan ada sejumlah rumah sakit yang sudah tidak ada alat kesehatannya” katanya.

Selain APD, kata Bustar, pihaknya juga memberikan sejumlah alat kesehatan lainnya seperti rapid test, masker medis dan face shield (Pelindung Wajah).

“Kita juga bawa alat Rapid Test yang bisa digunakan petugas kesehatan di kampung-kampung termasuk di Haruku. Juga Masker Medis dan Face Shield,” lanjutnya.

Ia menjelaskan, penyerahan sejumlah alat kesehatan ini, merupakan  tujuan utama dari  Ekspedisi Maluku yang dilakukan EcoNusa  yakni bertemu dan belajar dari masyarakat Maluku dan Maluku Utara.

Terutama tentang pengelolaan sumber daya alam, hutan dan laut. Dan yang lebih  penting juga berbagi pengetahuan mengenai Covid-19 bersama masyarakat di pulau-pulau kecil. Sebab, suguhan informasi tentang pandemi sangat terbatas termasuk di media.

“Kita ingin mendorong ketahanan pangan masyarakat sehingga mereka bisa belajar ditengah situasi sulit sekarang ini. Andai kondisi ini kembali terulang, masyarakat sudah ada persiapan kebutuhan yang cukup. Baik dari sisi kesiapan pangan, kesehatan dan lainnya,”tutupnya.

Sementara itu, Raja Negeri Haruku Sepnat Ferdinandus menyampaikan apreasinya kepada Yayasan EcoNusa yang telah melakukan sosialisasi tentang Covid-19.

Ia mengaku, di Negeri Haruku masih masuk zona hijau penyebaran Covid-19, karena selama Covid-19 menyebar di Indonesia sampai ke Maluku di Negeri Haruku masih belum ada yang terpapar virus asal China itu.

“Sosialisasi ini penting bagi kami warga Negeri Haruku agar bisa terhindar dari bahaya Covid-,”kata Ferdinandus.

Selain mengetahui tentang Covid-19,  kegiatan ini juga sangat penting bagi warga Negeri Haruku karena ada pengetahuan tentang teknis menanam bibit sayuran yang baik dan benar.

Selama sehari di Negeri Haruku, EcoNusa juga melakukan kegiatan penyuluhan kesehatan terkait Covid-19 dan mengadakan konsultasi kesehatan serta pengobatan massal untuk warga (BB-YP)