BERITABETA.COM, Ambon  - Sebanyak 1.389.042 logistik surat suara untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 27 November 2024, tiba di Kota Ambon dan telah diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku di Bandar Udara Pattimura Ambon.

Ketua Divisi SDM, Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Maluku Wawan Kurniawan  membenarkan hal ini , di Ambon, Jumat (18/10/2024).

Menurut Wawan, logistic pemilu itu tiba di Bandara Pattimura sekitar pukul 09.30 WIT melalui pesawat cargo.

“Logistik itu nantinya akan dikirim untuk 11 kabupaten/kota, baik itu pemilihan gubernur dan wakil gubernur, pemilihan bupati dan wakil bupati serta wali kota dan wakil wali kota,” kata Wawan kepada wartawan.

Saat ini kata dia, jutaan logistik surat suara tersebut langsung dibawa ke gudang penyimpanan yang telah disiapkan oleh pihak penyedia untuk sekaligus dilakukan penyortiran sesuai dengan kabupaten/kota.

Ia mengatakan, diupayakan untuk beberapa kabupaten/kota itu harus didistribusi terlebih dahulu sesuai dengan jadwal yang ada yaitu hari ini untuk wilayah Kota Ambon paling lambat malam ini.

“Besok untuk Maluku Tengah, Seram Bagian Barat, setelah itu Buru dan Buru Selatan,” jelasanya.

“Sementara Nanti untuk wilayah Tenggara, itu akan menunggu kapal baru didistribusikan ke kapal Pelni,” sambung Wawan.

Dijelaskan, penerimaan surat suara ini merupakan langkah krusial dalam memastikan kelancaran dan ketertiban selama proses pemungutan suara.

Penerimaan surat suara disaksikan oleh berbagai pihak, termasuk perwakilan dari bawaslu dan sejumlah organisasi masyarakat sipil.

KPU, tambahnya tetap berkomitmen untuk menjalankan proses pemilu secara transparan dan akuntabel. Surat suara yang diterima akan disimpan dengan aman hingga hari pemungutan suara.

KPU akan melibatkan berbagai elemen masyarakat dalam pengawasan proses ini untuk memastikan bahwa pelaksanaan Pilkada berjalan sesuai dengan prinsip demokrasi (*)

Editor : Redaksi