BERITABETA.COM - Ketika memiliki utang maka Anda wajib melunasi secepatnya. Lalu bagaimana cara agar utang cepat lunas dengan trik-trik kreatif? Punya utang tentu bukan sebuah aib, tetapi saat Anda enggan membayarnya tentu akan menjadi sebuah masalah.  Untuk bisa melunasi utang, sebenarnya harus disesuaikan terlebih dahulu dengan kondisi masing-masing.

Cara Melunasi Utang Paling Cepat

Saat punya utang menumpuk sampai bingung bagaimana cara melunasinya, tentu bukan sikap yang bijak. Berikut ini beberapa strategi untuk bisa melunasi hutang dengan cara-cara kreatif.

1. Susun Daftar Utang

Cara lunasi utang yang pertama, maka Anda terlebih dahulu harus menyusun daftar utang. Hal ini sangat penting dilakukan jika memiliki utang yang menumpuk. Setelah itu, Anda jadi lebih mudah untuk menentukan skala prioritas pada utang-utang tersebut.

Artinya ada utang yang memang memiliki prioritas untuk dibayarkan terlebih dahulu ada pula yang bisa di nomor duakan. Tetapi pastikan untuk melunasi utang yang memiliki suku bunga, paling tinggi terlebih dahulu.

2. Jangan Utang Untuk Melunasi Utang

Jika ingin melunasi hutang tapi tidak punya uang jangan lantas menyelesaikannya dengan utang kembali. Anda jangan malah membuat utang baru hanya untuk melunasi utang lama, ini bukan merupakan hal yang bijak dilakukan.

Bagaimanapun caranya, utang lama Anda wajib dibayar terlebih dahulu sampai lunas baru kemudian bisa utang kembali. Anda tidak boleh menerapkan pola gali lubang tutup lubang untuk solusi bayar utang.

3. Mengurangi Pengeluaran

Cara melunasi utang 10 juta dengan cepat maka bisa dilakukan dengan mencoba mengurangi pengeluaran Apalagi bagi Anda yang hanya mengandalkan gaji bulanan saja untuk biaya hidup dan bayar utang Anda lebih baik untuk menghemat uang belanja bulanan.

Jika Anda biasanya menghabiskan gaji bulanan sebanyak 70% untuk kebutuhan hidup, maka kini harus menekannya menjadi 50%. Memang cukup sulit, tapi untuk bayar hutang memang harus Anda lakukan.

4. Pakai Dana Darurat

Cara agar hutang cepat lunas, solusinya dengan memakai dana darurat yang ada. Jika Anda memiliki pengaturan uang bulanan yang cukup baik, tentunya sudah menyisihkan dana darurat setiap bulan. Jadi ketika utang menumpuk karena kurang bijak dalam menggunakannya, Anda bisa memanfaatkan dana darurat tersebut.

Mengumpulkan dana darurat setiap bulan harus dibiasakan sejak dini. Agar dana ini bisa menyelamatkan Anda kalau kesulitan uang.

5. Menjual Barang Yang Tidak Perlu

Jika Anda harus melunasi utang dalam waktu dekat, misalnya hanya diberikan waktu beberapa hari saja maka ada salah satu cara cepat untuk melunasinya. Cara melunasi utang dalam 2 hari atau lebih, pokoknya dalam waktu singkat maka Anda bisa dengan menjual barang-barang yang tidak diperlukan.

Namun pastikan bahwa barang-barang yang tidak perlu ini memiliki nilai jual yang tinggi. Hingga nantinya bisa biaya penjualan barang tersebut dapat membantu untuk pelunasan utang anda.

6. Cari Penghasilan Tambahan

Jika memang tak mampu lagi mengandalkan gaji bulanan untuk bayar utang, maka alangkah baiknya untuk mencari penghasilan tambahan. Jadi gaji bulanan bisa Anda manfaatkan untuk biaya hidup sementara sisanya bisa digunakan untuk bayar hutang.

Anda bisa mencari berbagai pekerjaan sampingan yang ada. Ketahui skill Anda untuk mendapatkan pekerjaan sampingan dengan gaji yang lumayan.

7. Lakukan Take Over Credit

Jika Anda memiliki hutang besar seperti misalnya cicilan rumah maka solusinya bisa dengan melakukan take over kredit. Selain itu, bisa juga dengan menjual kembali barang yang dicicil dan masih dalam masa cicilan.

Dengan cara ini, bisa membantu Anda untuk mendapatkan uang tambahan dari biaya penjualan barang yang masih dicicil tersebut. Uangnya bisa Anda manfaatkan untuk berbagai keperluan.

8. Disiplin Untuk Bayar Utang

Kunci agar utang tidak menumpuk sebenarnya ada pada diri Anda yaitu selalu menerapkan sikap disiplin. Disiplin di sini yaitu Anda memang punya niat untuk segera melunasi utang dengan maksimal, sehingga bisa lunas tepat waktu.

Dengan cara ini maka Anda jadi lebih punya tekad yang kuat, untuk target pelunasan utang lebih cepat. Tidak hanya utang yang lunas, Anda juga akan merasa lega karena utang tidak ada lagi.

9. Minta Bantu Profesional

Jika Anda menganggap cara-cara di atas belum manjur untuk dapat melunasi utang yang menumpuk, maka Anda bisa melakukan solusi lainnya dengan minta bantuan. Anda bisa minta bantuan pihak lain yang lebih profesional. Dengan cara berdiskusi bersama para pakar profesional, maka pakar tersebut akan membantu Anda untuk menemukan strategi yang tepat dalam pelunasan utang. Anda bisa minta saran untuk langkah-langkah yang tepat pada kondisi hutang yang menumpuk.

10.  Pilih Lembaga Pembiayaan Yang Tepat

Untuk yang memiliki utang dalam bentuk aset seperti mobil atau motor, maka cara paling cepat untuk melunasinya yaitu dengan memilih lembaga pembiayaan yang tepat. Lembaga pembiayaan seperti misalnya verena multi finance, akan membantu kesulitan Anda dalam keuangan sehingga tetap bisa bayar cicilan atau bayar utang ke kendaraan tanpa terlambat.

Tetapi dalam pemilihan lembaga pembiayaan, wajib mencari yang memang benar-benar legal dan sudah terdaftar di OJK. Dengan cara ini maka lembaga tersebut memang benar-benar bisa membantu masalah keuangan anda.

Itu tadi beberapa cara agar hutang cepat lunas dengan strategi kreatif yang bisa Anda coba. Untuk bayar cicilan berbagai tagihan, Anda bisa juga memanfaatkan Blibli sebagai salah satu marketplace terbesar di Indonesia.

Blibli ternyata tidak hanya menjual berbagai produk-produk yang dibutuhkan saja tapi juga menjadi salah satu platform untuk membantu pembayaran tagihan secara digital. Untuk informasi lengkap dan lebih detail, Anda bisa langsung kunjungi Blibli baik lewat website resmi ataupun aplikasinya (*)