BERITABETA.COM, Namlea – Sebanyak 40 sampel sweb tenggerokan yang diambil petugas medis dari puluhan warga di Kabupaten Buru, dinyatakan negatif alias bersih dari virus corona (Covid-19).

Jubir Satgas Covid-19 Kabupaten Buru, Nani Rahim memastikan hal itu kepada wartawan melalui group WhatsApp Media Covid-19, Kamis (28/5/2020).

Nani menjelaskan, pihaknya  telah menerima hasil swab 40 orang yang dikirim untuk diuji di BTKL-PP Ambon dan hasilnya negatif.

“Alhamdulillah semua hasil swab negatif, termasuk perawat di RSU berinisial YTA,  anak almarhum AS,”ucap Nani Rahim.

Nani Rahim merinci,  hasil swab 40 orang yang dinyatakan negatif itu terdiri dari 16 orang rekan kontak almarhum AS,  11 orang kontak menantunya JS, dan 13 orang yang reaktif melalui rapid test.

Tegasnya lagi, dari 40 orang yang hasil swab negatif tadi, sudah termasuk 10 tenaga kesehatan (nakes) dan pegawai RSU Lala Namlea .

Sebelumnya hasil 25 swab yang telah dikirim beberapa hari lalu, tiga nakes RSU dan 1 dokter Puskesmas Safanajaya juga hasilnya negatif.

“Semua pegawai RSU yang diswab, hasilnya negatif,”ujarnya Senang.

Ditanya lebih jauh, Nani Rahim menjelaskan, kini masih ditunggu hasil swab atas nama pasien positif Covid-19, berinisial FN dan PDP kiriman dari RSU Namrole, HB (60) yang sedang dirawat di RSU Namlea.

FN di pengiriman hasil swab 25 orang sudah negatif. Tapi untuk pastikan telah bebas dari Covid 19, swabnya diambil ulang dan telah dikirim ke BTKL-PP Ambon dua hari lalu.

Menyinggung soal kondisi PDP kiriman dari Kabupaten Buru Selatan, berinitial HB, kata Nani Rahim, setelah ditangani langsung oleh ahli TB Paru yang kini telah dilantik menjadi Dirut RSU, dr Hilda Nazhrul Bahtari Sp.P, kondisi kesehatan yang bersangkutan sudah mulai membaik.

“Paling lama 1 minggu hasil swab sudah keluar,”ujar Nani Rahim.

Kepada awak media, Nani Rahim juga memohon bantuan  untuk menyampaikan info kepada masyarakat, bahwa  sesuai hasil pemeriksaan rapid test massal terhadap pengusaha dan karyawan City Mart pada tanggal 21 Mei 2020 lalu,  semua menunjukan hasil non reaktif (negatif),  sehingga diharapkan tdk ada lagi stigma negatif terhadap pemilik dan karyawan di  swalayan  ini.(BB-DUL)