BERITABETA.COM, Bula — Dinas Kesehatan [Dinkes] Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT] telah mendata Tenaga Kesehatan [Nakes] perawat di daerah itu mencapai 700 orang. 500 nakes diantaranya berstatus sebagai relawan.

Demikian disampikan pelaksana Tugas [Plt] Kepala Dinkes SBT Samun Rumakabis dalam sambutannya pada acara pelantikan DPK Persatuan Perawat Nasional Indonesia [PPNI] se-Kabupaten SBT di Gedung Serbaguna Dinkes SBT pada akhir Maret 2023 lalu.

Samun membeberkan, dari jumlah tersebut, sekitar 200 sekian berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil [PNS], sementara sisinya hanya sebagai tenaga relawan yang tersebar di Rumah Sakit Umum Daerah [RSUD] Bula, Puskesmas dan Pustu di kabupaten bertajuk 'Ita Wotu Nusa' itu.

"Jumlah perawat yang ada di SBT, khusus yang terdaftar di Dinas Kesehatan kurang lebih 700 orang. Sekitar 200 lebih sebagai PNS," ungkap Samun Rumakabis.

Ia menilai, Nakes perawat yang tersebar pada 15 kecamatan itu telah melakukan pelayanan kesehatan yang baik bagi masyarakat, sehingga dia berterimakasih dan mengapresiasi kerja keras para Nakes selama ini.

"Kami [atas nama Pemda SBT] mengapresiasi dan berterimakasih kepada bapak ibu sekalian yang luar biasa memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat kita," ucapnya.

Sekretaris PPNI SBT ini berujar, sebanyak 70 persen tenaga perawat di SBT masih berstatus tenaga sukarela [relawan] ini telah dilakukan berbagai upaya oleh Pemerintah Kabupaten [Pemkab] setempat, salah satunya melalui Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja [PPPK].

Dia mengaku, pada tahun lalu Pemkab SBT dijatahi 100 kuota Nakes perawat, namun hanya sekitar 80 sekian orang yang dinyatakan lulus melalui seleksi yang ditangani langsung oleh Pemerintah Pusat [Pempus] itu.

"Saat ini kita sudah siapkan validasi untuk PPPK 2023, kami sudah validasi sekitar 700 sekian yang kami kirim ke Kementerian Kesehatan. Insya Allah semoga tahun ini atau tahun depan ada jatah kita untuk SBT, sehingga Nakes yang ada di SBT termasuk perawat ada dalam porsi yang profesional," akuinya penuh harap. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi