BERITABETA.COM, Ambon – Sebanyak 51 bayi di bawah dua tahun (Baduta) di Kota Ambon diwisuda sebagai tanda telah  melakukan imunisasi dasar lengkap sesuai program nasional yang ditetapkan.

Kegiatan wisuda ini berlangsung di Kantor Desa Poka, Rabu, (13/3/24).  Puluhan bayi itu juga diberikan piagam serta sertifikat.

Ketua Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Kota Ambon, Lisa Wattimena dalam sambutannya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya bagi semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan wisuda tersebut.

“Saya harus memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terlibat, terlebih khusus kepada para orang tua dari ke 51 Baduta yang diwisudakan hari ini. karena dengan penuh kesadaran akan pentingnya kesehatan, sehingga membawa anak mereka ke Posyandu untuk diimunisasi,” ucap Wattimena.

Dirinya menambahkan, imunisasi dalam sistem kesehatan nasional menjadi salah satu bentuk investasi kesehatan yang efektif dalam menurunkan angka kematian bayi dan balita.

“Pada kenyataannya masih saja ada masyarakat atau orang tua yang masih enggan membawa anaknya ke posyandu untuk mendapatkan imunisasi. namun, kita akan terus berupaya untuk mensosialisasikan pentingnya imunisasi bagi bayi dan balita dengan harapan bahwa para orang tua akan menyadari sungguh pentingnya menjaga imunitas anak sejak bayi,” tandas Ketua TP-PKK.

Wattimena juga memberikan apresiasi kepada Kepala Desa Poka dengan Inovasi Wisuda Imunisasi yang dilakukan. dirinya berharap inovasi tersebut dapat ditiru oleh semua desa yang ada di Kota Ambon.

“Wisuda Imunisasi hari ini, merupakan Wisuda Balita pertama kali yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Ambon buah kerjasama Kepala Desa Poka bersama seluruh staf, Ketua TP-PKK Desa Poka,