BERITABETA.COM, Masohi - Sebanyak 72 siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Maluku Tengah yang terdiri dari 34 laki-laki dan 38 perempuan  mengikuti acara Wisuda Tahfidz Qur’an di Baileo Soekarno Kota Masohi, Senin (19/06/2023).

Kepala MIN 1 Malteng, Abdul Wahid Sanaky mengatakan bahwa wisuda yang digelar hari ini  adalah Wisuda Tahfidz Qur’an Angkatan IV sekaligus Wisuda Kelulusan Angkatan 29 tahun ajaran 2022/2023. 

Wahid menjelaskan, Wisuda Tahfidz merupakan rangkaian program tahfidz Al Quran di MIN 1 Malteng yang menjadi salah satu program unggulan guna menyiapkan anak-anak penghafal Qur'an dimana setiap siswa ditargetkan bisa menghapal satu juz yaitu Juz 30.

“Tetapi hingga kelulusan tadi, ternyata ada tiga siswa yang bisa menghapal sampai 3 juz, yaitu Juz 28, 29 dan 30,” ungkap Sanaky.

Sanaky menyampaikan, Tahfidz atau menghafal Al-Qur’an adalah suatu proses untuk memelihara, menjaga dan melestarikan kemurnian Al-Qur’an.

“Pendidikan dan pemahaman Alquran sangat penting diajarkan sejak usia dini.  Anak-anak saat ini merupakan investasi bangsa di masa depan, perlu dibekali dengan berbagai pengetahuan yang dilandasi dengan moral dan etika serta ajaran agama, agar mampu menentukan arah kehidupan yang sesuai dengan ajaran agama,” ungkap Sanaky.

Menurut Sanaky, Al Qur’an merupakan sarana pendidikan yang lengkap dan sangat berperan penting dalam membentuk kepribadian, perkembangan peradaban manusia.

Alumnus Sekolah Tinggi Agama Islam Said Perintah Malteng ini menjelaskan madrasah  juga selalu mengupayakan agar siswa-siswa yang lulusan madrsah ini bukan hanya mengembangkan kemampuan dalam bidang hafizh, tapi dari itu madrasah ini juga berupaya untuk menghasilkan anak-anak yang dapat menjadi penerus bangsa yang berkompeten disegala bidang.

Sanaky juga mengungkapkan harapannya agar para siswa tetap menjaga hapalannya bahkan bisa ditingkatkan lagi. “ Saya juga mengharapkan dukungan dari orang tua untuk selalu mengawasi dan membimbing anak-anak ini agar terus menjaga hapalan Qur’annya,” tutur pria yang menyelesaikan pendidikan Magisternya di IAIN Ambon ini. 

Dalam kesempatan tersebut, Sanaky juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerinyah Daerah Malteng atas dukungannya sehingga pelaksanaan Wisuda Tahfidz Qur’an dan Wisuda Kelulusan MIN 1 Malteng dapat berjalan dengan lancer (*)

Pewarta : Jubeda Sanaky