BERITABETA.COM, Masohi –  Madrasah Ibtidayah Negeri (MIN) 1 Maluku Tengah untuk pertama kali melaksanakan Visitasi Uji Coba Daring Instrumen Akreditasi  Satuan Pendidikan (IASP) bersama Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M) Provinsi Maluku.

Kegiatan ini digelar secara online melalui aplikasi ZOOM dan dibuka oleh Ketua BAN S/M Provinsi Maluku Dr. Abidin Wakano, M.Ag, pada Jumat (2/10/2020).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut anggota BAN S/M Pusat, Pratama, anggota tim ahli dari IAIN Ambon Dr. Fatma Sopamena, M.Pd., dan Nurlaila Sopamena, M.Pd.

Sedangkan dari unsur satuan pendidikan diwakilkan oleh Kepala MIN 1 Maluku Tengah Wahid Sanaky, S.Pd., Komite MIN 1 Maluku Tengah Ridwan Roy, S.Kom., Koordinator Kurikulum MIN 1 Maluku Tengah Johra Holle, S.Ag., MSi., Koordinator Kesiswaan Norma S.Pd., Wali Kelas sejumlah enam orang dan Tata Usah sejumlah 3 0rang.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari mulai dari tanggal 2 – 3 Oktober 2020.

Dr. Abidin Wakano, M. Ag dalam saat membuka kegiatan itu menjelaskan, Visitasi Uji Coba Daring IASP pertama 2020 ini menjadi forum untuk menyamakan persepsi, pemahaman dan langkah strategis terhadap tugas dan tanggung jawab pihak-pihak terkait yang terlibat dalam Visitasi Uji Coba Daring.

Abidin juga mengharapkan uji coba ini dapat dilaksanakan dengan benar, professional, jujur, efisien dan efektif serta akuntabel.

Koordinator Kurikulum MIN 1 Maluku Tengah, Johra Holle, S.Ag., M.Si.,  menjelaskan pelaksanaan Visitasi Uji Coba Daring ini sudah melalui beberapa prosedur.

“Persiapan awalnya adalah  BAN S/M Propinsi Maluku berkoordinasi langsung dengan Kepala MIN 1 Maluku Tengah untuk menyiapkan berbagai kelengkapan dan instrument Uji Coba IASP ini,” kata  Johra kepada beritabeta.com, Sabtu, (3/10/2020).

Setelah itu, kata dia,  Kepada MIN 1 kemudian melakukan rapat koordinasi dengan dewan guru untuk membentuk Tim Uji Coba IASP serta mengumpulkan bukti-bukti fisik yang tercantum dalam instrument data Madrasah.

Dikatakan, presentasi dan analisis butir instrument juga dilakukan melalui wawancara Kepala MIN 1 bersama komite madrasah, koordinator kurikulum, koordinator kesiswaan, para dewan guru dan para siswa, ungkap mantan Kepala MIT Assalam Ambon.

Ia menambahkan, tujuan dari pelaksanaan Uji Coba IASP 2020 ini, sesuai dengan hasil Rapat Koordinasi Nasional Badan Akreditas Nasional  Sekolah /Madrasah Provinsi pada tanggal 14 – 16 Mei 2020, untuk memperoleh data tentang tingkat keterbacaan IASP 2020.

“Hal ini juga penting untuk menguji validitas dan realibilitas IASP 2020, mengetahui tingkat keterlaksanaan IASP 2020 dan mengetahui aspek pendukung dan aspek penghambat dalam penerapan IASP 2020,” terang Holle.

Ia berharap, kegiatan akreditasi tahun 2020 yang dilaksanakan melalui Visitasi Daring ini akan mendapatkan  hasil yang bisa menjadi pendorong untuk dapat menciptakan suasana kondusif bagi pendidikan serta memberikan arahan untuk melakukan penjaminan mutu Madrasah khususnha MIN 1 Malteng yang berkelanjutan.

“Dari kegiatan ini kita berharap akan menjadi rekomendasi dalam perbaikan kedepan.  Tentunya untuk pengembangan mutu madrasah ke depan,” tutupnya (BB-ES)