BERITABETA.COM, Saparua – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama atau Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku H. Yamin, akhirnya meresmikan gedung baru Madrasah Ibtidaiyah Negeri atau MIN 3 Maluku Tengah di Negeri Siri Sori Ilsam Kecamatan Saparua Timur Kabupaten Maluku Tengah, Minggu, (04/12/2022).

Gedung baru MIN 3 Mateng ini telah tuntas dibangun oleh Kementerian PUPR Direktorat Jenderal Cipta Karya, Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Maluku, Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Provinsi Maluku November 2022. Kontraktor Pelaksana adalah CV Nusantara Jaya, dan Konsultan MK adalah PT Mataram Surya Cipta.

Peresmiannya ditandai dengan pengguntingan pita oleh Kakanwil Kemenag Maluku H. Yamin, didampingi PPK Prasarana Strategi Balai Prasarana dan Permukiman Wilayah (BPPW) Maluku, Iwan, Kakamenag Malteng Taslim Tuasikal, Kabid Madrasah, La Fatah dan Penjabat Negeri Sir Sori Islam Halid Pattisahusiwa, serta disaksikan Kepala Sekolah MIN 3 mateng Saadiah Wattiheluw, dan dewan guru serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya Kakanwil Kemenag Maluku mengingatkan Kantor Kemenag Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), beserta pimpinan lembaga pendidikan madrasah, agar menggunakan bangunan baru ini sebagai pusat layanan pendidikan, sehingga perlu dirawat dengan baik.

"Rawat dengan baik gedung-gedung ini. Sebab, fungsinya untuk pelayanan pendidikan,"tandasnya.

Pada kesempatan ini Kakanwil Kemenag mengucapkan terima kasih serta mengapresiasi Kementerian PUPR yang telah memberikan bantuan untuk pembangunan sejumlah madrasah di wilayah Provinsi Maluku.

"Sesuai apa yang disampaikan pihak Kementerian PUPR pada 2023 ada sekitar 26 madrasah di Provinsi Maluku akan memperoleh jatah bantuan rehab dari Kementerian PUPR. Ini bukti pemerintah konsen terhadap seluruh lembaga pendidikan, tak terkecuali madrasah di seluruh negeri,”tuturnya.

Ia pun menyampaikan terima kasih kepada kontraktor pelaksana proyek serta Pemerintah Negeri Siri Sori Islam, para Saniri, Tokoh Adat serta pihak kecamatan termasuk Muspika Saparua Timur, yang telah memberi dukungan dan berpartisipasi dalam pembangunan, sehingga gedung MIN 3 Malteng ini dapat dikerjakan sesuai target.