BERITABETA.COM, Masohi - Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Maluku Tengah menggelar Wisuda Tahfidz Qur’an Angkatan ke-IV pada, Senin (19/06/2023) di Baileo Soekarno Masohi.

Penjabat Bupati Malteng, Muhamat Marasabessy dalam sambutannya menyampaikan pelaksanaan wisuda tahfidz menandakan bahwa anak-anak sebagai generasi Islami telah memiliki kecintaan terhadap Al-Qur’an Nur Karim sejak usia dini.

Dikatakan, dengan adanya wisuda tahfiz ini, dapat semakin memotiver sekaligus menginspirasi para orangtua dan khususnya anak-anak  untuk lebih mencintai Al-Qur’an, membacanya, menghafal serta mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

“Momentum ini juga berarti, bahwa satu tahapan dalam membentuk insan qur’ani telah terlaksana dan insya Allah akan terus berkembang guna melahirkan penghafal-penghafal Al-Qur’an yang akan memakmurkan agama di Kabupaten Maluku Tengah dan Maluku pada umumnya,” ungkap Marasabessy dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Hukum, Djar Wattiheluw. 

Pj Bupati Malteng berharap, para wiudawan kelak mampu memperkuat peradaban, membentuk karakter, akhlak dan moral generasi bangsa. Pasalnya, di era modernisasi seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, setiap generasi dituntut untuk menyambut dinamika itu dengan tetap mengedepankan serta mempertahankan nilai-nilai moral, budaya dan agama.

Alumni Universitas Iqra Buru ini menyampaikan pendidikan dini yang berbasis Tahfidz Qur’an  sangatlah tepat agar dapat melahirkan generasi Islam yang kokoh serta tidak mudah terpengaruh dengan budaya-budaya asing yang bertentangan dengan nilai-nilai agama.

“Di samping itu, melalui pendidikan Al-Qur’an yang dilaksanakan sejak usia dini, mampu mamperkokoh kekuatan umat dalam memerangi kebodohan baca tulis Al-Quran, sehingga kejayaan Islam dapat terwujud di masa-masa mendatang,” tutur Marasabessy.

Apresiasi dan terima kasih juga disampaikan Marasabessy kepada orang tua, para guru, pembimbing, ustadz dan ustadzah jasa serta dedikasi yang diberikan kepada para siswa, hingga dapat sampai pada level yang sangat paripurna.

Sebagai informasi sebanyak 72 siswa yang terdiri dari 34 laki-laiki dan 38 perempuan mengikuti wisuda Tahfidz Qur’an sekaligus wisuda kelulusan MIN 1 Malteng (*)

Pewarta : Jubeda Sanaky