BERITABETA.COM, Saparua – Bulan Ramadhan biasanya dimanfaatkan olegh umat Islam untuk menimba pahala. Selain berpuasa, amal kebajikan lain dalam bulan suci ini dapat diperoleh dengan ragam cara. Seperti memberi sedekah, infaq, dan wakaf.

Pengurus Badan Wakaf Alquran (BWA) juga memanfaatkan momentum Ramadhan 1443 H/2022 Masehi dengan jalan menyalurkan Mushaf Alqur'an dan Iqra secara gratis bagi umat Islam di wilayah Provinsi Maluku. Sasaran BWA adalah Taman Pengajian Qur'an atau Taman Pengajian Anak [TPQ/TPA].

Kali ini, BWA menyambangi Negeri Siri Sori Islam di Kecamatan Saparua Timur, Kabupaten Maluku Tengah Provinsi Maluku Jumat, (08/04/2022).

Di Negeri asal Kapitan Said Perintah itu, BWA menyerahkan 100 eksemplar Mushaf Al-Qur’an dan 160 Iqra untuk anak-anak Taman Pengajian Qur'an Al Iqro Hatam II Negeri Siri Sori Islam.

Ratusan Mushaf Al-quran termasuk Iqra tersebut diserahkan langsung oleh Perwakilan BWA Povinsi Maluku Amrin Sangadji, Direktur Program BWA Ustadz Hazairin Hasan, Pengurus BWA Taufan Ekayana Muhammad Nabil Ar Rasyid, Syafiq Fadhil, dan Pendamping BWA Maluku Rasyid Sallatalohy.

Mushaf Al-Qur'an dan Iqra itu diterima oleh Guru TPQ Al-Iqra, Ustadz Samad Patty didampingi puluhan santri dan santriwati.

Amrin mengatakan, Mushaf Al-Qur'an yang disalurkan oleh BWA tahun ini sebanyak 20 ribu eksemplar.

"Ribuan mushaf Al-Qur’an ini kami salurkan bagi umat Islam di Maluku termasuk Negeri Siri Sori Islam," jelas Amrin kepada Beritabeta.com di TPQ Al-Iqra Hatam II Negeri Siri Sori Islam, Maluku Tengah, Jumat (08/04/2022).

Amrin mengaku, penyaluran Mushaf Al-Quran oleh BWA secara gratis disamping mengharapkan pahala, kegiatan ini juga bertujuan untuk mencetak generasi Qur’ani yang mahir membaca dan memahami kitab suci umat Islam tersebut dengan baik dan benar.

'"Semoga Al-Qur'an dan Iqra yang kami serajkan ini dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya. Inrinya anak anak TPQ Al Iqra Hatam II dapat menjadi generasi Qur'ani,"harap Amrin.

Sementara itu Guru TPQ Al Iqra Hatam II, Ustadz Samad Patty menyampaikan terima kasih kepada Penguris BWA yang telah peduli dalam hal membagikan Al-Qur'an dan Iqra secara cuma-cuma bagi anak-anak santri-santriwatinya.

"Selaku Guru TPQ Al Iqra Hatam II dan mewakili masyarakat Negeri Siri Sori Islam, saya sampaikan terima kasih kepada saudara-saudara pengurua BWA. Semoga Al-Qur'an dan Iqra yang diwakafkan kepada kami dapat bermanfaat bagi santri-santriwati TPQ Iqro Hatam II, serta dapat menjadi berkah dan kebaikan bagi kita semua," ucap Ustadz Samad Patty.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Program BWA, Ustadz Hazairin Hasan menyebut, tahun ini untuk kedua kalinya BWA mendistribusikan Al Quran wakaf dari kaum muslimin sebanyak 20 ribu eksemplar.

"Sebanyak 20 ribu Al-Quran ini kami bagikan fokus di dua tempat. Yaitu 10 ribu di Kota Ambon, dan 10 ribu untuk umat Islam di Kota Tual," terangnya.

Setelah dari Negeri Sori Sori Islam, lanjut dia, kegiatan yang sama berlanjut di Bula, Ibukota Kabupaten Seram Bagian Timur.

Sekedar diketahui, Badan Wakaf Al-Qur’an merupakan dermawan [filantropi] Islam yang bergerak dan menjadi pelopor inovasi wakaf.

BWA menjadi jembatan kebaikan yang menghubungkan wakaf [pewakaf] dengan pemetik manfaat wakaf atau mauquf alaih.

BWA juga mempermudah wakif untuk menyalurkan bantuannya hingga ke seluruh pelosok negeri.   (BB)

 

Editor : Redaksi