BERITABETA.COM, Ambon - Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan berjanji akan mewujudkan program Lumbung Ikan Nasional (LIN) di Maluku yang selama ini diimpikan masyarakat di Maluku.

Mantan Gubernur DKI ini mengaku Provinsi Maluku memiliki kekayaan alam berupa potensi perikanan yang luar biasa.  

Untuk itu, kehadiran program LIN di Maluku dinilai sangat penting dan juga akan diwujudkan bersamaan dengan Ambon New Port yang juga gagal diwujudkan oleh pemerintah saat ini.

“Jadi kami ingin membuat Ambon menjadi pusat ibukota idustri perikanan di Indonesia. Jadi disini menjadi sukiji marketnya Indonesia, dan pusat perdagangan perikanan,” kata Anies saat berdialog dengan BEM se- Maluku, Tokoh Pemuda, Perempuan, LSM di Baby Indah Beach, Desa Tial, Maluku Tengah, Senin (15/1/2024).

Capres yang berpasangan dengan Cawapres Muhaimin Iskandar (Cak Imin) ini juga mengaku untuk menopang semua itu, maka proyek Ambon New Port harus pula diwujudkan.

“Harapan ini sudah lama dinantikan. Kita Insya Allah ingin merubah harapan menjadi kenyataan. Kita juga ingin mengembangkan nelayan kecil karane itu prinspip kita membasrkan yang kecil, tanpa mengecilkan yang besar,” ungkap Anies.

Anies juga mengungkap bahwa Kota Ambon telah menjadi Kota Musik Dunia. Status ini telah ditetapkan oleh Unesco , maka kedepan untuk menguatkan posisi ini, pasangan AMIN merencanakan akan membangun museum musik kelas dunia di Ambon.

“Jadi nantinya akan kita bangun studio musik Ambon, ruang pertemuan pemusik Ambon yang semuanya akan dibangun setara kelas dunia,” janji Anies.

Sebelumnya, Anies mengaku senang bisa mendatangi Ibu Kota Provinsi Maluku tersebut.

“Ini adalah sebuah kunjungan untuk kami mendengar aspirasi masyarakat Maluku sekaligus juga berbagai rencana-rencana kita untuk Maluku,” kata Anies.

Dia mengatakan, masyarakat Maluku bisa mendapatkan kemakmuran dan kemajuan apabila berbagai kekayaan yang dimiliki oleh daerah tersebut dikembangkan dengan optimal.

Calon presiden itu juga mengatakan bahwa Kota Ambon menjadi salah satu dari 40 kota yang akan dibangun hingga setara Jakarta, sesuai visinya untuk memimpin Indonesia.

“Kita ingin kekayaan aqua culture yang luar biasa di sini itu bisa kita kembangkan, dan Ambon adalah salah satu hub untuk pengembangan itu,” katanya.

Selain itu, menurutnya pengembangan kawasan Maluku harus diiringi dengan regulasi demi mengatur potensi kekayaan alam, khususnya di bidang perikanan. Selain itu, dia juga menginginkan adanya hilirisasi dari hasil kelautan demi meningkatkan nilai tambah.

“Supaya penyerapan tenaga kerja terjadi, peningkatan nilai tambah terjadi dan harapannya kemakmuran akan lebih tinggi di kawasan ini,” kata dia (*)

Editor : dhino.p