BERITABTEA.COM, Ambon – Turnamen Liga Spanyol pekan ke-29 mempertemuakan dua tim raksasa Spanyol. Yakni Real Madrid versus FC Barcelona. Pertandingan ini disiarkan langsung juga melalui live streaming Twitter dari Santaigo Bernabeu Real Madrid Senin, (21/03/2022), pukul 03.00 WIB atau pukul 05.00 WIT dini hari.

Laga El Clasico ini, Barcelona bertandang ke Madrid sebagai tim tamu. Meski begitu Sergio Busquets dan kawsan-kawan berhasil membantai tim tuan rumah.

Pada pertandingan ini, Pelatih Madrid Carlo Ancelotti, dan Pelatih Barcelona Xavi Hernandes, sama-sama mengusung formasi 4-3-3.

Anak buah Xavi Hernades tampil apik dan menguasai permianan. Racikan tiki taka ciri khas permainan Barcelona mulai terlihat sejak babak pertama.

Gawang Real Madrid yang dikawal Andry Lunin, kipper Madrid, harus 2 kali kebobolan di babak pertama. Gol pembuka kemenangan untuk tim berjuluk Blaugrana itu dicetak oleh Pierre Emerick Aubameyang.

Dia menerima sepakan crossing dari Oseman Dembele. Aubameyang bergerak cepat meski hendak dibayangi oleh bek Madrid. Bola di heading dengan keras lalu bersarang di arah bawah kiri gawang yang dijaga kipper Andry Lunin. Skor 0 - 1 untuk Barca.

Tak lama atau hanya berselang 7 menit kemudian, tepatnya di menit ke 38, gawang Real Madrid kembali dibobol oleh Barcelona.

Gol kedua tercipta melalui hasil tendangan sudut dari Oesman Dembele yang dimanfaatkan sempurna oleh Ronald Araujo, winger kanan Barcelona.

Pemain asal Uruguay tersebut hendak dihalau oleh Alaba bek Madrid, tetapi Alaba kalah saing saat duel udara. Araujo menyudul bola masuk ke gawang Madrid, tepatnya di posisi kiri kipper Andry Lunin. Skor 0 – 2 untuk Barcelona bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, tim besutan Xavi Hernandes itu gencar menggempur pertahanan tim tuan rumah. Sebaliknya tim tuan rumah berupaya menyerang pertahanan tim tamu untuk memperkecil ketertinggalan.

Namun anak asuh Carlo Ancelotti, justru kembali dibuat tak berkutik. Serangan Barca tampak manjur dan berhasil menambah pundi-pundi gol.

Pelatih Madrid Carlo Ancelotti sempat melakukan pergantian dua pemain sekaligus pada awal babak, yakni Mariano Diaz dan Eduardo Camavinga masuk menggantikan Dani Carvajal dan Toni Kroos.

Tapi pergantian dua pemain dengan strategi total menyerang tersebut, justru tidak mengubah keadaan bagi tim tuan rumah. Luka Modric dan kawan kawan terus dibikin frustasi oleh tim tamu.

Tepat pada menit ke 47 gawang Los Blancos lagi-lagi dibobol oleh Barca. Gol ketiga Barca ini disumbang oleh Ferran Tores. Melalui serangan yang dibangun dari sisi sayap kanan. Umpan indah Aubameyang dengan tumit disempurnakan oleh Torres.  Pemain bernomor punggung 19 itu lolos dari pengawalan bek Madrid, lalu menyepak bola masuk di sisi kiri gawang Madrid. Kipper tim nasional Belgia ini terpaksa harus memungut bola dalam gawangnya untuk kali ketiga.

Madrid terus dibuat kewalahan oleh Barca. Meski beberapa kali menggempur pertahanan dan mengancam gawang tim merah biru, tetapi sejumlah peluang Madrid itu ditepis oleh Marc Andre Ter Stegen, kipper Barca. Gawang Barca tetap aman alias tidak berhasil dibobol oleh tim tuan rumah.

Pada menit ke 51 justru Madrid justru kembali dipecundangi oleh Barca. Setelah menerima long ball [umpan panjang] dari Ferran Torres di sisi kiri, Abuameyang berlari lalu mencungkil bola melewati atas kepala kipper Madrid, Andry Lunin, lalu bola bersarang dalam gawangnya.

Gol ke-3 Barcelona yang dicetak oleh Ferran Torres, /Foto Tangkapan layar
Gol ke-3 Barcelona yang dicetak oleh Ferran Torres, /Foto Tangkapan layar

Gol kedua Aubameyang ini sempat dikira dia berada dalam posisi offsaid. Wasit sempat menghentikan pertandingan sejenak untuk melakukan chek VAR.

Setelah melihat layar VAR, ternyata Aubameyang tidak dalam posisi offside. Wasit pun memutuskan gol [Aubameyang] itu sah. Dengan demikian gol kedua mantan pemain Arsenal itu sekaligus mememparipurnakan kemenangan Barca atas Madrid dengan skor akhir 0 – 4.

Pada menit ke-70 Pelatih Madrid Carlo Ancelotti juga melakukan melakukan pergantian pemain. Beberapa kali menyerang ke jantung pertahanan Barca, tetapi gagal. Madirid tidak mampu memperkeecil ketertinggalan.

Hingga peluit panjang dibunyikan oleh wasit, skor tidak berubah. Walhasil, FC Barcelona menang telak atas rival bebuyutannya tersebut dengan skor telak 0 – 4.

Hasil kemenangan ini FC Barcelona menambahkan 3 poin murni, sekaligus menjaga posisinya peringkat ketiga La Liga, dengan 54 poin dari hasil 28 kali pertandingan.

Barca kini membuntuti Sevilla yang berada di posisi kedua klasmen La Liga dengan 57 poin, atau hanya selisih 3 poin. Sedangkan peringkat pertama masih ditempati Madrid dengan torehan 66 poin, selisih 12 poin dengan Barcelona.

Berikut susunan pemain kedua tim 66 poin.

Real Madrid: Courtois, Carvajal (Camavinga 46), Militao, Alaba, Nacho [Asensio 63]; Valverde, Modric, Casemiro, Kroos [Mariano 46], Vinícius Junior, dan Rodrygo [Vazquez 63].

FC Barcelona: Ter Stegen, Araujo, Pique, Garcia, Alba [Alves 86], Busquets, F. de Jong [Gavi 71], Pedri [Nico 86], Dembele [Traore 80], Ferran Torres, dan Aubameyang [Depay 71].   (BB)

 

Editor : Samad Vanath Sallatalohy