BERITABETA.COM, Bula — Sejumlah pejabat dan tenaga kesehatan di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) dipastikan, besok, 4 Februari 2021 mulai divaksin. Sejak malam hingga pagi tadi, Tim Gugus Tugas (Gustu) Covid-19 Kabupaten SBT telah mendistribusikan vaksin ke lima belas Kecamatan di SBT.

Pendistribusian itu dibagi dalam tiga tim, yakni tim satu dimulai dari Kecamatan Bula Barat, Siwalalat dan Werinama.

Untuk tim dua dimulai dari Kecamatan Bula, Teluk Waru, Tutuk Tolu, Kiandarat, Siritaun Wida Timur, Seram Timur Ukar Sengan dan Kilmury dengan menggunakan transportasi darat.

Sedangkan pendistribusian tim tiga meliputi Kecamatan Pulau Gorom, Pulau Panjang, Gorom Timur, Kesuy dan Teor dengan menggunakan transportasi kapal laut.

Diketahui pendistribusian vaksin itu dikawal ketat oleh dua personil TNI, dua personil Polri dan tiga tenaga medis pada masing-masing tim.

“Semua sudah didistribusi, jadi besok pencanangan tanggal 4 itu secara serentak di seluruh Puskesmas melakukan vaksinasi” ungkap Plt Kepala Dinas Kesehatan SBT Ridwan Muhammad Yusuf Malaka di ruang kerjanya, Rabu (03/02/2021)

Malaka menjelaskan sesuai petunjuk, vaksinasi tahap pertama ini akan diperuntukan bagi pejabat publik dan tenaga kesehatan di semua Rumah Sakit dan Puskesmas.

“Nanti tahap berikut itu baru ditujukan kepada masyarakat dan pelaku usaha lainnya” cetusnya.

Sementara teknis pelaksanaan, Malaka mengaku semua akan diatur di masing-masing Rumah Sakit dan Puskesmas yang tersebar di lima belas kecamatan yang ada di SBT.

Dia menambahkan, semua tenaga kesehatan di Puskesmas dan Rumah Sakit sudah dilatih. Bahkan hari ini lanjut dia, beberapa masih menjalankan pelatihan untuk kesiapan vaksinasi besok.

Sekretaris Dinas Kesehatan SBT ini berharap masyarakat tidak merasa takut dengan vaksinasi, bahkan dirinya juga membantah hoax yang beredar di sosial media tentang bahaya vaksin.

“Pada prinsipnya semua vaksin itu aman dan halal untuk dipakai” tutup Malaka (BB-AZ)