BERITABETA.COM, Bula — Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Maluku mengunjungi Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) pada Rabu (20/09/2023).

Kepala BPMP Provinsi Maluku La Ode Safihu kepada wartawan mengungkapkan, kunjungan pihaknya bersama tim Konsultan BPMP Maluku itu untuk melakukan audiensi dengan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahrga (Disdikbudpora) SBT Sidik Rumalowak guna memastikan implementasi kebijakan merdeka belajar pada satuan pendidikan di SBT.

"Saya bersama dengan tim dari konsultan BPMP Maluku dalam rangka audence dengan Kepala Dinas Pendidikan SBT terkait dengan implementasi kebijakan merdeka belajar di satuan-satuan pendidikan, baik PAUD, SD dan SMP," ungkap La Ode Safihu.

Safihu menandaskan, dalam kesempatan kunjungan itu, mereka juga bersilaturahim dengan Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas di Kantor Bupati SBT pada pagi tadi.

Dia menilai, Pemerintah Daerah (Pemda) SBT sangat konsentrasi terhadap upaya peningkatan dan pemerataan mutu pendidikan di kabupaten bertajuk 'Ita Wotu Nusa' itu, mulai dari PAUD, SD dan SMP.

"Karena itu, kami melihat langsung sejauh mana dukungan Pemda dalam upaya pemerataan peningkatan mutu pendidikan di SBT. Alhamdulillah pak bupati kami sudah audiensi dengan beliau, sambutannya sangat luar biasa. Begitu juga dengan Kepala Dinas Pendidikan SBT," tandasnya.

Menurutnya, lewat kunjungan ini, Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas telah menunjukkan satu bukti sebagai wujud komitmen Pemkab SBT dengan mengeluarkan Surat Edaran (SE) terkait dukungannya terhadap upaya peningkatan mutu pendidikan di daerah itu.

Ia mengaku, begitu juga dengan Plt Kepala Dinas Dikbudpora SBT Sidik Rumalowak. Dimana, program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam upaya peningkatan mutu pendidikan ini telah banyak diimplementasikan di satuan pendidikan di SBT.

"Dan ini, sebuah apresiasi yang sangat luar biasa," pungkasnya. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi