BERITABETA.COM, Bula — Komando Rayon Militer (Koramil) Bula Kodim 1502-09 Masohi membangun walang belajar di Dusun Nif, Desa Dawang, Kecamatan Teluk Waru, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

Langkah tersebut dilakukan Tentara Nasional Indonesia (TNI), sebagai upaya untuk mendorong dan meningkatkan mutu pendidikan di kabupaten berjuluk 'Ita Wotu Nusa' itu.

Komandan Rayon Militer (Danramil) Bula, Kapten Infantri Lucy Ikhsan Pattimura kepada wartawan di Bula, Rabu (15/9/2021) mengungkapkan, pembangunan walang belajar tersebut sebagai salah satu program Komando Resor Militer (Korem).

"Walang belajar ini merupakan sebuah program dari pimpinan atas, dalam hal ini Korem. Pak Danrem memerintahkan kepada kami untuk selalu memperhatikan, membantu kesulitan rakyat" ungkap Pattimura

Pattimura menjelaskan, selama ini kegiatan proses belajar mengajar sudah menggunakan internet, namun masih banyak wilayah di SBT yang terkendala pada jaringan internet.

Untuk itu lanjut dia, rumusan yang dilakukan itu sebagai wadah proses belajar untuk membantu anak-anak di pelosok yang sulit mengakses pengetahuan melalui internet.

"Jadi walang belajar ini intinya kita membantu masyarakat di masa pandemi ini, khususnya adik-adik kita, anak-anak kita agar bisa mendapatkan pendidikan yang layak" ujarnya.

Dia berujar, alasan ditentukan spot pembentukan walang belajar di Dusun Nif karena tidak tersediannya bangunan sekolah dan akses internet pada wilayah itu, sehingga sangat penting dibangun walang belajar.

Sementara untuk tenaga pengajar, dia mengaku telah menyiapkan rekan-rekan Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang nantinya membantu memberikan pelajaran kepada anak-anak.

"Kita berharap dari aparat desa setempat, warga setempat, orang tua setempat bisa mengajak anaknya untuk belajar di situ. Belajar bersama atau membaca buku, nanti ada hari-hari tertentu anggota kita bisa memberikan pelajaran" harapnya (*)

Pewarta : Azis Zubaedi