Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon bertukar cenderamata bersama Pangdam XVI Pattimura saat bertemu dalam acara ramah tamah di kediaman dinas bupati pada Rabu, (04/11/2020) malam.
Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon bertukar cenderamata bersama Pangdam XVI Pattimura saat bertemu dalam acara ramah tamah di kediaman dinas bupati pada Rabu, (04/11/2020) malam.

BERITABETA.COM, Saumlaki – Bupati Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon, meminta Panglima Kodam (Pangdam) XVI Pattimura, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Agus Rohman untuk menambahan Komando Rayon Militer (Koramil) di 10 kecamatan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang berbatasan langsung dengan Australia.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Fatlolon kepada Panglima saat berlangsungnya acara ramah tamah dan jamuan makan malam bersama Pangdam Agus Rohman dan rombongan yang bertempat di kediaman dinas bupati pada Rabu, (04/11/2020) malam.

Acara ramah tamah dan jamuan makan malam tersebut dilangsungkan dalam agenda Kunjungan Kerja (Kunker) dalam rangka pengawasan wilayah kategori pulau kecil terluar, termasuk di Tanimbar oleh Pangdam.

Menurut Bupati Fatlolon, saat ini Kodim 1507/Saumlaki hanya memiliki tiga Koramil, diantaranya Koramil 1507-01/Larat, Koramil 1507-02/Saumlaki dan Koramil 1507-07/Selaru yang belum secara maksimal bisa menjangkau seluruh wilayah. Padahal, luas wilayah lebih dari 4 juta km persegi dan memiliki lebih dari 200 pulau serta pengamanan menyambut beroperasinya Blok Masela.

“Kami mohon agar bapak bisa menambah koramil sesuai jumlah kecamatan, sehingga bisa membantu tugas-tugas TNI di kecamatan bersama para camat dan kapolsek di setiap kesempatan,” pinta Fatlolon.

Menanggapi permintaan tersebut, Pangdam mengatakan permintaan dari Bupati  Fatlolon ini merupakan masukan bagi dirinya. Permintaan ini akan dilanjutkan kepada Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Andika Perkasa.

Pangdam menjelaskan, dirinya baru saja meresmikan Kodim 1511/Pulau Moa di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) yang merupakan pecahan dari Kodim Saumlaki dengan empat koramil, dan rencananya secara bertahap akan meresmikan sekitar 11 Kodim di Maluku dan Maluku Utara.

Pangdam pun meminta agar seluruh masyarakat Tanimbar bersabar dan berdoa agar pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) segera berakhir, sehingga perekonomian di Indonesia bisa kembali normal seperti sedia kala.

“Tentu saja ini sebagai bahan masukan kepada kami untuk dilanjutkan kepada pimpinan, pak Kasad. Ini tidak bisa sekaligus, kita kerjakan, namun step by step, dan tergantung dari kondisi angaran kita. Apalagi saat ini kita fokuskan untuk menganggarkan Covid-19, supaya masyarakat di Indonesia sehat semua,” jawab Pangdam.

Selanjutnya, acara ramah tama ini berlanjut dengan saling bertukar cenderamata dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanimbar dan Kodam XVI Pattimura.

Untuk diketahui, Kunker Pangdam Agus Rohman, ke Kabupaten yang bertajuk Bumi Duan Lolat ini, didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) PD XVI/Pattimura, Dra. Ati Herati Agus Rohman, beserta rombongan (BB-SL)