BERITABETA.Com, Ambon – Kota Ambon kini telah melewati Zona Merah, namun antisipasi untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 terus dilakukan berbagai instansi, di kota bertajuk Manise ini.

Salah satu instansi yang aktif dan gencar menekan penyebaran COVID-19 yakni, Personil Kimia Biologi dan Radioaktif (KBR) Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Maluku.

Pantauan media ini, Personil KBR kembali mengsterilkan sejumlah Masjid di Kota Ambon menggunakan cairan disinfektan. Ihwal ini guna mencegah resiko penyebaran virus corona, yang hingga kini masih mengancam.

Penyemprotan cairan disinfektan sudah dilakukan sejak beberapa hari kemarin, dan hingga Jumat (6/11/2020) ini, personil tersebut masih melakukan aktivitas itu. Tujuannya, agar memperlancar ibadah Sholat Jumat umat Muslim di Kota Ambon.

Ipda A. Manulang, Pasi Ops Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Maluku mengungkap, penyemprotan cairan disinfektan ini atas instruksi Dansat Brimob Polda Maluku, KBP M. Guntur.

“Penyemprotan cairan disinfektan oleh Personil KBR, yang tergabung dalam Satgas Aman Nusa ll ini, atas perintah Pak Dansat. Mengingat masih tingginya angka positif di Kota Ambon,” ungkap Manullang.

Menurutnya, selain Masjid Raya Al-Fatah, penyemprotan juga dilakukan di Masjid Mukhlisin Waringin, Nurul Huda Jalan Baru, Agung An-Nur Batu Merah, Al-Huda Diponegoro, Istiqamah Talake, Al-Furqon Batu Merah dan Masjid At-Taqwa Tantui Ambon.

“Selain itu, penyemprotan juga dilakukan pada beberapa masjid lain yang akan digunakan untuk Sholat Jumat berjama’ah,” katanya.

Personil KBR juga melakukan penyemprotan di jalan protokol dan pemukiman padat penduduk. Diharapkan, tindakan tersebut dapat berdampak memutus mata rantai penyebaran virus corona di Kota Ambon dan sekitarnya.

Ya di sisi lain, semoga memberi kenyamanan bagi masyarakat yang nantinya melaksanakan Sholat Jumat,” harapnya. (BB-TAN)