BERITABETA.Com, Ambon – Mencegah klaster baru penyebaran COVID-19 di Kota Ambon, Personil Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Maluku, kembali melakukan sterilisasi penyemprotan cairan disinfektan.

Penyemprotan disinfektan disertai patroli dan penyampaian himbauan maupun pemetaan lokasi ini dilakukan oleh 10 Personil Subden 3 Kimia Biologi Radioaktif (KBR), di kawasan Poka dan Waiheru, Kota Ambon, Sabtu (7/11/2020).

Wilayah yang masuk dalam operasi petugas yakni, Puskesmas Poka, Kawasan Warnet Gorilla, Pangkalan Ojek, Swalayan, Mini Market, Pasar Waiheru, Pemukiman Kawasan Waiheru Kecamatan Baguala, dan Pertigaan Hunut-Durian Patah.

“Kegiatan ini dilakukan Satuan Brimob Polda Maluku dalam upaya pencegahan penularan COVID-19 dan mengantisipasi klaster baru yang telah mewabah di Maluku, khususnya di Kota Ambon,” ujar Pasi Ops Detasemen Gegana Ipda A. Manullang.

Selain penyemprotan, kata Manulang, Personil KBR juga memberikan sosialisasi kepada warga Poka dan Waiheru agar mematuhi himbauan pemerintah terkait protokol kesehatan, pada masa PSBB.

“Saat keluar rumah harus menggunakan masker, selalu cuci tangan selama 20 detik, tidak berkumpul dalam jumlah banyak serta melaksanakan sosial distancing atau menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain,” ajaknya.

Sebelumnya, pada Jumat kemarin (6/11/2020), Personil KBR juga sudah melakukan penyemprotan cairan disinfektan pada sejumlah Masjid, di Kota Ambon.

Diharapkan, dampak dari penyemprotan cairan disinfektan ini dapat meminimalisir terjangkitnya masyarakat dari wabah COVID-19, yang hingga kini masih saja menyebar. (BB-TAN)