Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) Provinsi Maluku, Petrus Fatlolon,
Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) Provinsi Maluku, Petrus Fatlolon,

BERITABETA.COM, Ambon – Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) Provinsi Maluku, Petrus Fatlolon, mendonasikan gajinya untuk penanganan dan pencegahan wabah Covid -19 di kabupaten yang dipimpinnya.

Kesediaan ini disampaikan melalui surat tertanggal 20 April 2020 yang menyebutkan dirinya siap menyumbangkan seluruh gaji dan penghasilan tambahan demi membantu pembiayaan program pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19 di wilayahnya.

Surat nomor 466/497 itu ditujukan kepada koordinator bidang administrasi dan keuangan gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 tingkat Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Orang nomor satu di Bumi Duan Lolat tersebut, menganggap sangat penting mengambil bagian sebagai Bupati, pribadi dan keluarga dalam musibah yang sementara melanda dunia, Indonesia, Maluku dan juga di KKT sendiri.

Dalam surat  tersebut, Petrus Fatlolon menegaskan, guna membantu pembiayaan program  pencegahan dan penanganan wabah pandemi Covid 19 di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, maka dirinya dan keluarga menyatakan kesediaan  untuk menyumbangkan  gaji selaku Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar untuk Gugus Tugas, terhitung  mulai bulan Mei 2020 sampai dengan berakhirnya pandemi Covid 19.

“Selain dari pemerintah daerah, kita juga membutuhkan sumbangan dari putera-puteri daerah baik material maupun juga finansial secara suka rela. Karena itu, setelah saya berunding dengan ibu dan anak-anak, kita sepakat untuk menyumbangkan gaji saya ke gugus tugas Covid -19 mulai bulan Mei 2020 sampai pandemi ini selesai,” kata Bupati di Saumlaki, Senin (20/4/2020).

Fatlolon  menyatakan penanganan dan pencegahan COVID-19 di Kabupaten Kepulauan Tanimbar membutuhkan biaya yang mahal, karena kabupaten itu terdiri dari gugusan kepulauan.

Ia berharap akan ada perhatian dan sumbangan sukarela dari semua pihak termasuk para pejabat eselon di lingkungan Pemkab Kepulauan Tanimbar baik berupa material maupun finansial.

Salah satu tokoh muda KKT, Mercy Fanumby menilai, Bupati Petrus Fatlolon adalah sosok pemimpin sejati yang punya semangat, komitmen tinggi selalu berupaya bersama dengan seluruh stakeholder di KKT bahu-membahu melakukan upaya cegah tangkal wabah Covid 19.

“Sebagai orang muda, kami melihat donasi gaji bapak Bupati sampai berakhirnya wabah Covid 19 adalah pilihan sikap mulia sebagai seorang bapak bagi rakyat KKT,” tegasnya.

Mercy berharap, kiranya donasi gaji bermanfaat bagi gugus tugas dan semoga bapak Bupati selalu diberikan hikmat kebijkasanaan dalam memimpin KKT di tenggah situasi sulit dunia termasuk di KKT sendiri dalam memutus rantai penyebaran Covid 19 (BB-DIO)