BERITABETA.COM, Masohi – Sebanyak 194 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) dilepas oleh Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua, di Masjid Raya Masohi,  Jumat (12/7/19).

Tuasikal dalam sambutanya mengatakan, berharap kepada CJH Asal Malteng, agar diberikan kemudahan dalam perjalanan menuju tanah suci dan juga saat menjalankan rukun haji di tanah suci serta saat pulang dalam keadaan selamat hingga mendaptkan haji yang mabrur.

 “Kami semua akan selalu mendoakan semoga para Calon Haji agar senantiasa diberikan kekuatan iman, kesabaran, ketabahan, kesehatan dan kekuatan lahir batin. Tentunya, agar pelaksanaan rukun dan wajib haji yang dilaksanakan nanti, dapat sah dan sempurna serta kembali ke tanah air, dengan membawa predikat Haji Mabrur,” ungkap Bupati.

Tuasikal mengingatkan kepada CJH asal Malteng untuk hendaknya menjaga nilai-nilai budaya Indonesia. Harus pula menjunjung tinggi serta dapat mengimplementasi setiap pergaulan jamaah pada saat melaksanakan ibadah maupun berinteraksi dengan jamaah yang berasal dari negara lain.

“Dengan menjaga sikap yang baik dan santun seperti itu, tentu tidak hanya memberikan nilai tambah dan amalan dalam beribadah saja, akan tetapi dapat menjadi daya pikat bagi masyarakat di luar Maluku, bahkan masyarakat luar negeri untuk berkunjung ke daerah ini,”pintanya.

Selain itu,  kata Tuasikal juga berpesan, agar CJH asal Malteng dalam melaksanakan haji di tanah suci nantinya, tidak lupa mempelajari panduan mengenai bimbingan manasik haji.

Sebelum mengakhiri sambutan, Tuasikal mengucapkan selamat jalan kepada seluruh tama-tamu Allah dalam menjalankan ibadah haji, hingga kembali berkumpul dengan keluarga masing-masing.

“Atas nama pribadi dan keluarga serta atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah, saya mengucapkan selamat jalan kepada seluruh tamu-tamu Allah sekalian,” tutupnya.  (BB-FA)