BERITABETA.COM, Bula — Bupati Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT] Abdul Mukti Keliobas menegaskan, untuk mengisi kemerdekaan Republik Indonesia butuh energi yang luar biasa dari semua generasi saat ini.

Keliobas mengungkapkan, perjuangan untuk merebut kemerdekaan Indonesia tidak mudah, namun para pahlawan telah berjuang dengan susah payah untuk memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan.

"Sampai di generasi berikut mengisi kemerdekan. Mengisi kemerdekaan ini butuh energi yang luar biasa, kita tidak bisa bersenang-senang," ungkapnya.

Untuk itu, Bupati SBT dua periode ini meminta kepada Aparatur Sipil Negera [ASN] di kabupaten bertajuk 'Ita Wotu Nusa' itu untuk meningkatkan kompetensi, baik kompetensi teknis maupun struktur.

"[Kompetensi teknis dan struktural] itu harus disiapkan sedini mungkin," pintanya.

Ditanya soal sejumlah wilayah yang dipimpinnya masih minim infrastruktur, dia mengaku, hal tersebut harus diikuti dengan kemampuan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah [APBD].

Dia berujar, perencanaan pembangunan wilayah pulau-pulau membutuhkan anggaran yang begitu besar, apalagi akibat Pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu terjadi beberapa kali refocusing atau pemangkasan anggaran.

"Refucusing ini mengakibatkan pembangunan tidak bisa menyentuh semua daerah, harapan kita itu semua daerah harus mendapat pemerataan pembangunan. Tapi apadaya mau dikata, kalau kemudian APBD kita cukup terbatas karena dampak dari pandemi kemarin," ujarnya. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi