BERITABETA.COM, Masohi -  Bupati Maluku Tengah (Malteng), Tuasikal Abua mengungkapkan tolok ukur keberhasilan pembangunan daerah tidak semata-mata melihat pertumbuhan ekonomi, tetapi perlu juga dilengkapi dengan ukuran lain, seperti kesejahteraan rakyat.

“Kemajuan pembangunan di bidang  Kesra tidak hanya menjadi tujuan yang penting untuk dicapai dalam upaya peningkatan kualitas sumberdaya manusia, tetapi juga akan menjadi dasar yang esensial bagi demokrasi yang stabil dan ekonomi yang terus berkembang,” kata Tuasikal Abua dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten I Sekertariat Daerah (Setda) Malteng, Welem Istia, dalam Rapat Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan dan Capaian Kinerja Kesejahteraan Masyarakat tahun 2021.

Rapat Evaluasi tersebut diselenggarakan oleh Bidang Kesejahteraan Rakyat (kesra) Setda Malteng di Hotel Lelemuku Kota Masohi, Senin, (20/12/2021).

Tuasikal mengatakan, pembangunan di bidang kesejahteraan rakyat merupakan pilar pokok untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia karena langsung menyentuh pada upaya memperbaiki kualitas hidup masyarakat.

Dikatakan pemerintah perlu menentukan lokus prioritas agar dapat memfokuskan sumber daya dan mendorong percepatan pengurangan kemiskinan ekstrem, sehingga target kemiskinan ekstim nihil pada tahun 2024 dapat tercapai.

“Di samping itu perlu pula membangun koordinasi yang baik pada lintas sector dalam penanganan masalah kemiskinan ekstrim di Maluku Tengah,” tutur Tuasikal.

Bupati dua periode ini menegaskan, mengingat pentingnya penyelenggaraan pemerintahan untuk mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat, maka diperlukan komitmen semua pihak dalam meningkatkan daya saing di masa depan.

“Daya saing di masa depan  melalui perbaikan kemampuan masyarakat miskin, meningkatkan kemampuan ekonomi setiap tingkatan ke tingkat yang lebih tinggi, meningkatkan pemerataan, mengurangi kesenjangan antar wilayah, antar kelompok dan antar individu,” ungkapnya.

Tuasikal juga kembali mengingatkan untuk terus mensosialisasikan penerapan protocol kesehatan kepada masyarakat serta mengajak masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi demi percepatan terbentuknya Herd Imunity di Kabupaten Maluku Tengah (*)

Reporter : Edha Sanaky