BERITABETA.COM, Masohi - Sebanyak 49 orang yang terdiri dari peserta, pelatih dan official dalam kafilah Kabupaten Maluku Tengah [Malteng] dilepas Bupati Malteng Tuasikal Abua untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur'an [MTQ] Tingkat Provinsi Maluku ke- 29 di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Pelepasan ini dilangsungkan di  Baileo Ir. Soekarno Kota Masohi, Selasa (15/03/2022).

Dalam arahannya Tuasikal mengatakan, MTQ merupakan media yang cukup strategis dalam rangka meningkatkan iman dan takwa melalui pengamalan nilai-nilai Qur'ani demi terbentuknya kualitas umat yang berakhlak mulia.

“Pemerintah daerah tidak memberikan target kepada kontingen Kabupaten Maluku Tengah," ungkap Tuasikal. 

Namun, kata Tuasikal  dengan kemampuan, pengalaman serta pelatihan dan pembinaan yang telah dilalui sampai pada saat ini, Tuasikal meyakini kafilah Malteng memiliki kepercayaan diri serta keyakinan yang kuat untuk mempersembahkan yang terbaik. 

Bupati mengakui  penyelenggaraan MTQ tingkat provinsi Maluku dari tahun ke tahun, berlangsung semakin kompetitif. Olehnya itu, Tuasikal mengharapkan segenap kafilah Maluku Tengah harus selalu tampil percaya diri serta sungguh-sungguh dalam mengikuti setiap mata lomba.

“Selanjutnya, karena kalian semua adalah duta Kabupaten Maluku Tengah, maka saya menghimbau agar seluruh kontingen dapat menjaga sikap dan perilaku, menghormati adat-istiadat masyarakat setempat, serta senantiasa membangun komunikasi yang baik dengan semua kontingen dari daerah lain," tutur Bupati. 

Menurutnya, hal ini penting untuk dilaksanakan, sehingga di manapun berada keharuman Bumi Pamahanunusa tetap tersebar.

"Seiring dengan keberangkatan Kontingen MTQ sebentar nanti, atas nama pribadi, Pemerintah dan masyarakat Maluku Tengah, saya berpesan agar seluruh kontingen selalu konsisten menerapkan protocol kesehatan dalam setiap aktifitas, agar terhindar dari virus dan penularan penyakit," ungkap Tuasikal. 

Apresiasi dan ucapan terimakasih juga di sampaikan Tuasikal kepada semua pihak, terutama LPTQ Kabupaten Maluku Tengah dan para pelatih, atas segala perhatian dan bantuannya sehingga limit waktu yang cukup singkat dapat dimanfaatkan bagi pemantapan kualitas para kafilah (*)

Pewarta : Edha Sanaky